Analisis Intervensi Ankle Pumping Exercise Pada Pasien Chronic Kidney Disease Dengan Masalah Keperawatan Hipervolemia Di Ruang Anturium RSD dr. Soebandi

Auliyyah, Nira Rahanta Nurul (2023) Analisis Intervensi Ankle Pumping Exercise Pada Pasien Chronic Kidney Disease Dengan Masalah Keperawatan Hipervolemia Di Ruang Anturium RSD dr. Soebandi. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN Karya Ilmiah Akhir, Agustus 2023 Nira Rahanta Nurul Auliyyah Analisis Intervensi Ankle Pumping Exercise Pada Pasien Chronic Kidney Disease Dengan Masalah Keperawatan Hipervolemia Di Ruang Anturium RSD dr. Soebandi Jember xviii + 69 Hal + 1 Bagan + 10 Tabel + 5 Lampiran Abstrak Latar Belakang : Chronic Kidney Disease (CKD) atau Gagal Ginjal Kronis merupakan peurunan fungsi ginjal yang progresif dan ireversible dimana ginjal mengalami kegagalan dalam mempertahanankan keseimbangan metabolisme yang menyebabkan meningkatnya kadar uremia dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan pada jaringan atau hipervolemia. Hipervolemia ini memberikan dampak berupa edema pada kaki atau bahkan seluruh tubuh. Edema yang terjadi dapat diatasi dengan terapi ankle pumping exercise. Ankle pumping exercise merupakan langkah efektif untuk mengurangi edema karena akan menimbulkan efek muscle pump sehingga akan mendorong cairan yang ada di ekstrasel ke dalam pembuluh darah dan kembali ke jantung guna membantu penurunan derajat edema pada kaki. Tujuan : Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis asuhan keperawatan pada pasien CKD dengan masalah keperawatan hipervolemia dengan menggunakan terapi ankle pumping exercise. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam studi kasus ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara kepada pasien dan keluarga sekaligus memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukannya terapi ankle pumping exercise dapat membantu penurunan derajat edema kaki pada pasien CKD dengan masalah keperawatan hipervolemia. Diskusi : Penelitian ini direkomendasi kepada perawat agar dapat menggunakan terapi ankle pumping exercise ini sebagai intervensi tambahan kepada pasien, juga kepada pasien dan keluarga untuk dapat melakukan terapi ini secara mandiri baik di rumah sakit maupun di rumah. Kata Kunci : Ankle Pumping Exercise, Asuhan Keperawatan Keluarga, Chronic Kidney Disease (CKD)

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Ankle Pumping Exercise Asuhan Keperawatan Chronic Kidney Disease
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Nira Rahanta Nurul Auliyyah
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:15
Last Modified: 24 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item