Rini, Alvi Zaha (2023) EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PADI SAWAH DI DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (717kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (563kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (616kB) |
Abstract
Saluran pemasaran padi yang ada di Desa Demung melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: (1) pola saluran pemasaran padi, (2) struktur pasar, dan (3) besarnya tingkat efisien pemasaran padi sawah di Desa Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Penelitian menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan survei. Penentuan lokasi ditentukan dengan purposive atau secara sengaja. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling pada petani padi dan snowball sampling pada lembaga pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan: (1) pangsa pasar (2) konsentrasi rasio (3) indeks herfindal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua saluran pemasaran yaitu; (a) I. petani → tengkulak → penggilingan → pedagang besar → pedagang kecil → konsumen, (b) II. petani → penggilingan → pedagang besar → pedagang kecil → konsumen, (2) struktur pasar yang ada di daerah penelitian yaitu oligopsoni, ditunjukkan dengan pangsa pasar sebesar 59,4% dengan konsentrasi rasio sebesar 0,59% dan IHH sebesar 0,43%, (3) efisiensi pemasaran padi di daerah penelitian termasuk kedalam kategori efisien, ditunjukkan dengan nilai ratio biaya keuntungan sebesar 19% pada saluran pemasaran pertama dan 18% pada saluran pemasaran kedua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | efisiensi pemasaran, saluran pemasaran, struktur pasar | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 333 Economic of Land and Energy | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Alvi Zaha Rini | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alvirinni06@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19881 |
Actions (login required)
View Item |