EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PADI SAWAH DI DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO



Rini, Alvi Zaha (2023) EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PADI SAWAH DI DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB)

Abstract

Saluran pemasaran padi yang ada di Desa Demung melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: (1) pola saluran pemasaran padi, (2) struktur pasar, dan (3) besarnya tingkat efisien pemasaran padi sawah di Desa Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Penelitian menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan survei. Penentuan lokasi ditentukan dengan purposive atau secara sengaja. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling pada petani padi dan snowball sampling pada lembaga pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan: (1) pangsa pasar (2) konsentrasi rasio (3) indeks herfindal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua saluran pemasaran yaitu; (a) I. petani → tengkulak → penggilingan → pedagang besar → pedagang kecil → konsumen, (b) II. petani → penggilingan → pedagang besar → pedagang kecil → konsumen, (2) struktur pasar yang ada di daerah penelitian yaitu oligopsoni, ditunjukkan dengan pangsa pasar sebesar 59,4% dengan konsentrasi rasio sebesar 0,59% dan IHH sebesar 0,43%, (3) efisiensi pemasaran padi di daerah penelitian termasuk kedalam kategori efisien, ditunjukkan dengan nilai ratio biaya keuntungan sebesar 19% pada saluran pemasaran pertama dan 18% pada saluran pemasaran kedua.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hadi, Syamsul
nidn0715037001
UNSPECIFIED
Aulia, Anisa Nurina
nidn0705039103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: efisiensi pemasaran, saluran pemasaran, struktur pasar
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 333 Economic of Land and Energy
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Alvi Zaha Rini | rinialvizaha@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:45
Last Modified: 18 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item View Item