Maulita, Anjali Fara (2023) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN (PADA STUDI KASUS CV. LANGGENG MAKMUR BERSAMA DESA SUMBERSUKO, KECAMATAN SUMBERSUKO, KABUPATEN LUMAJANG). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis ini dilakukan karena berguna untuk menilai pertanggungjawaban, menilai prestasi pengelola dan menggambarkan baik buruknya sistem informasi akauntansi penggajian yang telah diterapkan sehingga bisa digunakan oleh perusahaan yaitu CV Langeng Makmur Bersama untuk memperbaiki sistemnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data menganalisis, meneliti dan merancang sistem informasi akuntansi penggajian pada CV. Langgeng Makmur Bersama. Untuk mengetahui efektifitas sistem akuntansi penggajian di perusahaan ini peneliti melakukan pendeskripsian dan dibandingkan dengan teori yang ada yaitu (Mulyadi) sehingga dapat diketahui dimana letak kelemahan sistem akuntansi penggajian yang dijalankan pada CV Langgeng Makmur Bersama. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa :1. Terdapat bagian administrasi, bagian keuangan, dan bagian akuntansi. Fungsi pembuat daftar gaji dan fungsi keuangan menjadi satu dengan bagian keuangan (HRD/personalia). 2. Terdapat prosedur pencatatat waktu hadir, prosedur pembuat daftar gaji, prosedur pembayaran gaji. 3. Terdapat dokumen pendukung perubahan gaji, dokumen presensi karyawan, dokumen rekap daftar gaji, dokumen slip gaji, dan dokumen bukti tranfer gaji. 4. Terdapat catatan akuntansi buku jurnal umum dan catatan akuntansi buku besar yang sudah terkomputerisasi dengan baik. 5. Sistem pengendalian intern yang diterapkan meliputi unsur organisasi, sistem otoritas, prosedur pencatatan, dan praktik yang sehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accounting Information System, Payroll | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 003 Systems | |||||||||
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Accounting (S1) | |||||||||
Department: | S1 Akuntansi | |||||||||
Depositing User: | Anjali Fara Maulita | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | anjalifaramaulita@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:13 | |||||||||
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:13 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20515 |
Actions (login required)
View Item |