Representasi Perlawanan Kaum Tertindas dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori: Teori Resistensi James C. Scott

Arabella, Sophia (2024) Representasi Perlawanan Kaum Tertindas dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori: Teori Resistensi James C. Scott. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Arabella, Sophia. 2024. Representasi Perlawanan Kaum Tertindas Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori: Perspektif Moral Ekonomi James C. Scott. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dr. Dzarna, M.Pd, (2) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. Kata kunci: novel, perlawanan, representasi Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori, merupakan novel yang memiliki unsur-unsur cerita menarik, salah satunya kepedihan yang dialami masyarakat dan aktivis mahasiswa di masa Orde Baru. Permasalahan yang muncul dari latar belakang mengenai berbagai persoalan interaksi kehidupan manusia dengan lingkungan pada masa Orde Baru, meliputi kesejahteraan dan keadilan sosial dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Oleh karena itu, penulis ingin menganalisis bentuk perlawanan terhadap pemerintahan Orde Baru dalam membela hak-hak masyarakat yang dirampas oleh penguasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perlawanan yang dilakukan oleh masyarakat dan para tokoh mahasiswa kepada otoritas yang ditunjukkan melalui bentuk perlawanan terbuka dan tertutup dalam novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori dengan menggunakan teori resistensi James C. Scott. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan adalah novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Hasil penelitian ini menunjukkan dua bentuk perlawanan yang terdapat dalam novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori terdapat dua bentuk, yaitu perlawanan terbuka yang disesuaikan berdasarkan karakteristik teori resistensi James. C Scott. Data yang ditemukan diantaranya adalah menyampaikan aspirasi, pembentukan organisasi aktivis, konferensi pers, konferensi PBB, dan penelitian forensik, membangun kelas darurat, aksi demonstrasi, unjuk rasa dalam peristiwa sabtu kelabu, aksi Ngawi, pembacaan manifesto pembungkaman yang mengacu pada karakteristik menghilangkan dominasi dan penindasan. Bentuk perlawanan tertutup yang ditemukan diantaranya adalah perlawanan simbolik, grafiti politik, aksi tanam jagung, aksi subversif, penyamaran identitas, diskusi. Adapun implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, sebagai bentuk sumber belajar peserta didik. Objek penelitian ini, Novel Laut Bercerita dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Setelah mempelajari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter positif pada siswa, seperti keberanian dan kegigihan dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan, semangat nasionalisme dan patriotisme, kepedulian terhadap sesama manusia, terinspirasi untuk menjadi individu yang berani, kritis, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nover, perlawanan, representasi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 813 Indonesian Fiction
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Sophia Arabella
Date Deposited: 25 May 2024 04:17
Last Modified: 25 May 2024 04:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item