Prabowo, Akbar (2024) Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Tradisional Banyuwangi sebagai Pengembangan E-modul Matematika pada Materi Transformasi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (801kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (317kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan e-modul berbasis etnomatematika pada batik tradisional Banyuwangi. Upaya untuk menanamkan nilai budaya lokal pada remaja agar budaya lokal tidak terlupakan terlebih banyaknya budaya yang telah tercemari oleh budaya asing. Salah satunya dengan memanfaatkan pendekatan realistik ke dalam pembelajaran, terkhusus pembelajaran matematika. Hingga saat ini pembelajaran matematika di sekolah penggerak SMP 17 Agustus 1945 Muncar masih menggunakan buku paket yang dipinjamkan secara terbatas oleh perpustakaan dan lembar kerja siswa. Pengembangan bahan ajar yang mengandung budaya juga belum pernah dilakukan, sehingga menimbulkan pemikiran bahwa matematika dan budaya adalah dua hal yang tidak berkaitan. Sehingga dari sini peneliti berencana untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul matematika yang mengandung budaya lokal, sehingga siswa dapat belajar matematika dan mengenal budayanya secara bersamaan. Jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket respon siswa. Subjek uji coba skala terbatas adalah 5 siswa kelas VII, sedangkan uji coba skala luas adalah 25 siswa kelas VII sekolah penggerak SMP 17 Agustus 1945 Muncar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan produk dan analisis kefesiensian. Hasil analisis diperoleh bahwa e-modul berbasis etnomatematika yang dikembangkan telah dinyatakan sangat valid dengan presentase kevalidan 95%, dan efisien dengan presentase keefisiensian sebesar 79,57%. Dengan demikian, produk tersebut dapat berguna sebagai sumber belajar dan untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari matematika dan budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | : E-modul, Etnomatematika, Batik Tradisional Banyuwangi | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Akbar Prabowo | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | akbarprabowo142@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21436 |
Actions (login required)
View Item |