PENGARUH KOMPETENSI SDM, SARANA PRASARANA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KUALITAS ALUMNI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Alumni Peserta Didik RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember)
Rosidah, Anistya Meinar (2024) PENGARUH KOMPETENSI SDM, SARANA PRASARANA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KUALITAS ALUMNI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Alumni Peserta Didik RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (532kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang bertujuan sebagai tempat
pelayanan Kesehatan, pendidikan, dan penelitian secara terpadu dalam bidang
pendidikan kedokteran dan/atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan
pendidikan Kesehatan lainnya secara multiprofesi. Rumah sakit pendidikan dituntut
untuk mampu mendorong terciptanya kepuasan peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi SDM, sarana
dan prasarana, dan metode pembelajaran terhadap kualitas alumni dan kepuasaan
peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dikategorikan sebagai
penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah 300 Dokter Co-Ass di
RS dr. Soebandi. Sampel penelitian ditentukan mengacu Rumus Slovin sebanyak
171 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM)
kemudian didukung dengan bantuan software Smart Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM dan metode pembelajaran
berpengaruh secara positif terhadap kepuasaan peserta didik. Sarana dan prasarana
tidak berpengaruh terhadap kepuasaan peserta didik. Kompetensi SDM dan metode
pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap kualitas alumni. Sarana dan
prasarana berpengaruh terhadap kualitas alumni. Kepuasan Peseta Didik
berpengaruh secara positif terhadap kualitas alumni. Kompetensi SDM dan sarana
dan prasarana berpengaruh secara positif terhadap kepuasaan peserta didik melalui
Kualitas Alumni sebagai variabel intervening. Sarana dan prasarana tidak
berpengaruh terhadap kepuasaan peserta didik melalui Kualitas Alumni sebagai
variabel intervening.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingThamrin, MohammadNIDN8931510021Dosen PembimbingSanosra, AbadiNIDN0718077802
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kompetensi SDM, Sarana dan Prasarana, Metode Pembelajaran Kualitas Alumni dan Kepuasaan Peserta Didik |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations 300 Social Science > 330 Economics 300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Anistya Meinar Rosidah | meinistya@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:24 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21645 |
Actions (login required)
View Item |