Rahmatullah, Siti Yulia Triana Putri (2024) PENERAPAN PENDEKATAN LITERASI MULTIMODAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAKEM, BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Rahmatullah, Siti Yulia Triana Putri. 2024. Penerapan Pendekatan Literasi Multimodal dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Pakem, Bondowoso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Agus Milu Susetyo, M.Pd. (2) Mochamad Alfan, M.Ed. Kata Kunci: Literasi multimodal, kemampuan menulis, teks fabel, pendekatan pembelajaran Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis dan motivasi menulis teks fabel siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Pakem dengan hanya mencapai ketuntasan klasikal 47,82%. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi kurangnya latihan membaca dan menulis, rendahnya ketertarikan/motivasi siswa tentang teks fabel, ketidaktertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan secara konvensional, dan beberapa siswa mengalami kesulitan membaca dan mengeja. Selain itu, Pembelajaran menulis teks fabel yang konvensional menjadi salah satu penyebab utama kurangnya motivasi dan keterlibatan siswa. Observasi awal menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimakanah penerapan pendekatan literasi multimodal dapat meningkatkan motivasi menulis teks fabel pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pakem, Bondowoso?; (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks fabel setelah menggunakan pendekatan literasi multimodal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pakem, Bondowoso?. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakem melalui penerapan pendekatan literasi multimodal. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan melibatkan peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 2 Pakem sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti menggunakan lima metode pengumpulan data yaitu, lembar observasi, lembar kuesioner/ angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, motivasi belajar dan kemampuan menulis siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari lembar aktivitas siswa yang mengalami kenaikan pada siklus I mendapatkan persentase 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,3%. Sedangkan untuk kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil nilai tes secara klasikal yakni pada siklus I kenaikan persentase menjadi 69,5% dengan nilai rata-rata tes sebesar 71,5. Pada siklus 2, persentase meningkat hingga 82,6% dengan nilai rata-rata tes mencapai 81,08. Pencapaian ini memenuhi target kriteria ketuntasan penelitian, yaitu 80%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan literasi multimodal terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi menulis teks fabel siswa. Aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat setiap siklus serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi multimodal, kemampuan menulis, teks fabel, pendekatan pembelajaran | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Siti Yulia Triana Putri Rahmatullah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | yuliatriana474@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:56 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21671 |
Actions (login required)
View Item |