ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA MINIMARKET SK GROCERY : PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) & ANALISIS SWOT



LESTARI, SRI (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA MINIMARKET SK GROCERY : PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) & ANALISIS SWOT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minimarket SK Grocery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ritel, usaha
Minimarket SK Grocery belum mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa kendala
yang dialami terdapat pada pemasaran dan persaingan dengan kompetitor sejenis yang
semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan bisnis
yang diterapkan oleh Minimarket SK Grocery dan menyusun model bisnis baru sebagai
bentuk pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, menggabungkan Business Model Canvas dan Analisis SWOT.
Pengumpulan Data dilakukan melalui wawancara dengan kepala toko, karyawan, pesaing, dan
konsumen Minimarket SK Grocery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SK Grocery berada
dalam fase pertumbuhan pasar yang tinggi dan memiliki posisi kompetitif yang kuat. Dalam
kondisi ini, SK Grocery dapat menerapkan strategi agresif seperti pengembangan pasar,
penetrasi pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi. Selain itu, penelitian ini
menghasilkan desain Business Model Canvas baru yang dioptimalkan pada aspek Channels,
Value Propositions, dan Customer Relationships, yang dapat digunakan sebagai strategi
pengembangan di masa depan.
Kata Kunci: Business Model Canvas; Analisis SWOT; Strategi Pengembangan Usaha

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SARI, MAHENI IKA
nidn0011087701
Dosen Pembimbing
HAFIDZI, ACHMAD HASAN
NIDN0714058604

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: BUSINESS MODEL CANVAS ; ANALISIS SWOT ; STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Sri Lestari | lestary2905@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:33
Last Modified: 17 Jul 2024 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item View Item