Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Mts Nurul Ittihad Tukum



Alawiyah, Tutik (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Mts Nurul Ittihad Tukum. Vocational Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Pendidikan karakter di sekolah melalui integrasi nilai-nilai dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Berbagai kegiatan yang mencerminkan aspek pendidikan karakter terlihat jelas dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah bagaimana rencana pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah, bagaimana implementasi pendidikan karakter di sekolah dalam kelas, bagaimana problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini yaitu,1) mendeskripsikan rencana pendidikan karakter dalam pembelajaran sekolah, 2) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di kelas. 3) mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Data penelitian proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII MTS Nurul Ittihad Tukum. Sumber data penelitian ini Guru bahasa Indonesia. Lokasi penelitian Jalan Raya Tukum No 06 Tukum Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi.Instrumen Pengumpulan Data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Teknik penganalisisan data model Miles dan Huberman. Teknik Pengujian Kesahihan Dara menggunakan triangulasi metode. Sekolah berhasil mengembangkan rencana pendidikan karakter dalam kurikulum Bahasa Indonesia dengan melibatkan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari guru, kepala sekolah, konselor, dan perwakilan orang tua. Strategi pembelajaran mencakup pembelajaran tematik, metode aktif, dan partisipatif seperti diskusi kelompok dan permainan edukatif. Peran guru sangat penting dalam merencanakan pembelajaran karakter, memilih materi, merancang kegiatan, dan melibatkan siswa. Implementasi pendidikan karakter di MTS Nurul Ittihad Tukum dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan mengintegrasikan nilai- nilai karakter ke dalam materi pembelajaran dan menggunakan strategi pembelajaran aktif. Guru di MTS Nurul Ittihad Tukum menghadapi problematika dalam menerapkan pendidikan karakter di kelas, termasuk kurangnya bahan ajar yang mencakup nilai-nilai karakter, keterbatasan waktu pembelajaran Bahasa Indonesia, dan kurangnya dukungan dari berbagai pihak, seperti minimnya partisipasi orang tua dan kerjasama antara sesama guru. Meskipun demikian, guru telah merancang rencana tindak lanjut berupa tiga solusi kreatif, yaitu mengembangkan materi pembelajaran sendiri, memanfaatkan waktu luang di luar jam pelajaran, dan menjalin komunikasi yang erat dengan orang tua serta pihak sekolah.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mijianti, Yerry
NIDN0709108101
UNSPECIFIED
Alfan, Mochammad
NIDN0727108203

Item Type: Thesis (Vocational Education)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
400 Language
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Tutik Alawiyah | alawiyahtutik853@gmail.com
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:27
Last Modified: 18 Jul 2024 01:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21768

Actions (login required)

View Item View Item