Safnidar Sibromulis, Three Irama (2024) Evaluasi Penerapan Sistem Jasa Servis Motor Just In Time Pada Bengkel Fans Motor Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Industri otomotif, khususnya kendaraan motor, memegang peranan penting dalam mobilitas masyarakat, yang ditunjukkan oleh peningkatan penjualan sepeda motor di Indonesia sebesar 22,61% pada periode Januari-November 2023 dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah kendaraan ini sejalan dengan meningkatnya permintaan layanan servis motor, memicu persaingan dalam industri bengkel. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi operasional, penerapan sistem Just in Time (JIT) menjadi solusi potensial. JIT bertujuan mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi dengan mengatur persediaan dan produksi secara tepat waktu. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengevaluasi penerapan JIT di Bengkel Motor,hal ini bertujuann untuk menilai keberhasilan implementasinya dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana sistem jasa servis motor Just in Time telah berhasil diterapkan, serta mengidentifikasi potensi keuntungan dan tantangan yang dihadapi. Objek Penelitian ini adalah Bengkel Servis Fans Motor Jember. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan wawancara dan observasi langsung, dianalisis menggunakan analisis framework dan analisis tekstual untuk memberikan wawasan mendalam tentang penerapan JIT di bengkel tersebut.Penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem Just in Time (JIT) di Bengkel Fans Motor efektif, dengan input 74,16 dan output 70,58, menunjukkan keefektifan di atas rata-rata. Proses layanan yang sederhana memungkinkan perbaikan cepat dan tepat, didukung oleh ketersediaan suku cadang yang memadai dan sistem stok yang terkontrol. Meskipun prinsip-prinsip JIT belum sepenuhnya dipahami, arahan pemilik bengkel telah meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi waktu tunggu perbaikan. Penerapan standar kualitas ketat, peralatan inspeksi canggih, dan pelatihan berkala bagi teknisi meningkatkan presisi kerja dan kualitas layanan, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Bengkel juga menawarkan produk berkualitas tinggi sesuai dengan preferensi dan anggaran pelanggan, serta memberikan saran profesional untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat. Evaluasi rutin terhadap kepuasan pelanggan dan pengecekan ulang produk dilakukan untuk meminimalkan cacat, memastikan layanan perbaikan yang handal dan hubungan yang terpercaya dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Operasional, Just in Time, Jasa Servis Bengkel Motor | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management | |||||||||
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) | |||||||||
Department: | S1 Manajemen | |||||||||
Depositing User: | Three Irama Safnidar Sibromulis | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | 3iramass@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:12 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:12 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21786 |
Actions (login required)
View Item |