Pemilihan Platform video Streaming Optimal untuk Content Creator Video Pemula Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

YANTO, DANANG DWI GUSTI FAJAR (2024) Pemilihan Platform video Streaming Optimal untuk Content Creator Video Pemula Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (313kB)
[img] Text
c. Bab 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy

Abstract

Platform media sosial memiliki peran yang signifikan dalam menyebarkan konten kepada masyarakat luas, termasuk video, gambar, dan tulisan. Para konten kreator yang bertanggung jawab atas pembuatan dan penyebaran konten di platform-platform ini, menghadapi tantangan dalam memilih platform yang optimal. Platform yang dimaksud meliputi Youtube, Facebook, Instagram, TikTok, dan Snapchat. Penelitian ini memfokuskan pada pemilihan platform video streaming optimal bagi konten kreator pemula dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode ini dipilih karena konsepnya sederhana dan mampu mengukur kinerja dalam bentuk matematis yang sederhana serta dapat mengukur dan merangking platform berdasarkan kriteria seperti monetisasi, interaksi pengguna, fleksibilitas konten, analitik, kualitas video, dan kemudahan penggunaan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok mendekati solusi ideal positif dengan nilai preferensi tertinggi, diikuti oleh YouTube, Instagram, Snapchat, dan Facebook. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan panduan kepada konten kreator pemula dalam memilih platform yang optimal untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menentukan prioritas platform mana yang paling efektif dalam penggunaannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Content Creator, TOPSIS, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution, Social Media, Platform
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Danang Dwi Gusti Fajar Yanto
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:45
Last Modified: 20 Jul 2024 01:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item