Nilai-nilai feminisme dalam iklan youtobe Wardah (Analisis semiotika pada iklan youtobe Wardah exclusive series new edition tahun 2023)

Aini, Safira Fidayatul (2024) Nilai-nilai feminisme dalam iklan youtobe Wardah (Analisis semiotika pada iklan youtobe Wardah exclusive series new edition tahun 2023). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (870kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Feminisme secara umum merupakan pembahasan tentang pola hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat serta apa saja hak, status, dan kedudukan perempuan di sektor domestik dan public. Pada dasarnya komitmen dasar kaum feminis adalah mewujudkan kesetaraan dan menolak ketidakadilan terhadap perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai feminisme pada Iklan YouTube Wardah Exclusive Series New Edition Tahun 2023. Peran iklan dalam komunikasi bukan hanya percakapan personal atau interaktif karena mengandalkan komunikasi massa, yang bersifat tak langsung dan kompleks. Sebagai bentuk komunikasi massa, iklan menyampaikan informasi produk untuk menarik pembeli. Dalam perannya sebagai branding, iklan mengubah sebuah produk dengan menciptakan citra (image) yang melampaui fakta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Wardah Exclusive Series New Edition terdapat nilai-nilai feminisme yang meliputi kesetaraan dan menolak ketidakadilan terhadap perempuan. Iklan ini menampilkan sosok ”wanita hebat dan selalu siap menghadapi tantangan” menunjukkan bahwa wanita selain bisa tampil cantik dan percaya diri bisa memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri bahkan bisa mengubah dunia sesama wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Iklan YouTube, analisis semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Safira Fidayatul Aini
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:20
Last Modified: 23 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item