Mardiyah, Dorafatunisa (2024) Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Acara Talkshow. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (635kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa merupakan unsur penting dalam kehidupan sosial manusia yang berfungsi sebagai sarana komunikasi, interaksi, dan ekspresi. Bahasa memiliki aturan tata bahasa yang mengatur cara penyampaian simbol, disusun menjadi sebuah konsep yang membentuk kalimat bermakna. Kegiatan komunikasi dalam sehari-hari juga tak luput dengan tuturan yang mengandung pelanggaran berbahasa. Pelanggaran kesantunan berbahasa juga ditandai dengan bentuk serta fungsi yang membentuk suatu tuturan melanggar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan bentuk serta fungsi pelanggaran kesantunan berbahasa yang dihasilkan dalam acara talkshow pada kanal youtube TALKPOD. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus tertuju pada tuturan melanggar yang dihasilkan dalam interaksi komunikasi pada acara talkshow. Sumber data diperoleh melalui konten video talkshow pada kanal youtube TALKPOD, dengan data berupa tuturan melanggar yang ada terjadi dalam talkshow. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langkah simak, catat, dan transkip data yang melalui tiga langkah penganalisisan data yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengklasifikasikan jenis pelanggaran kesantunan berbahasa, yang kedua menganalisis bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa, dan yang ketiga menganalisis fungsi pelanggaran kesantunan berbahasa dalam acara talkshow pada kanal youtube TALKPOD. Temuan penelitian mengacu pada teori kesantunan Leech tentang bagaimana perilaku tuturan yang menunjukkan kesopanan pada saat berinteraksi di dalam acara talkshow. Temuan penelitian interaksi komunikasi dalam video talkshow pada kanal youtube TALKPOD menunjukkan bahwa berdasarkan pada teori Leech, jenis-jenis pelanggaran kesantunan berbahasa pada acara talkshow adalah sebagai berikut: (1) maksim kearifan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim penghargaan, (4) maksim kesederhanaan, (5) maksim permufakatan, dan (6) maksim kesimpatian. Bentuk-bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa sebagai berikut: (1) kalimat deklaratif, (2) kalimat imperatif, (3) kalimat interjektif, (4) kalimat interogatif. Sedangkan fungsi pelanggaran kesantunan berbahasa berupa: (1) fungsi asertif, (2) fungsi direktif, (3) fungsi komisif, (4) fungsi ekspresif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelanggaran berbahasa, kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, talkshow, youtube | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 400 Language 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Other Languages > 495 Languages of East & Southeast Asia |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Dorafatunisa Mardiyah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | dorafatunisa20@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:34 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:34 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22432 |
Actions (login required)
View Item |