Faridzya, Syefty Yunda Syan Al (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUKOWONO JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. Pendahuluan.pdf Download (3MB) |
|
Text
B. Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
|
Text
I. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
J. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Minat siswa untuk menulis teks drama masih sangat minim sehingga perlu adanya dorongan dan motivasi pembelajaran. Dalam hal menulis siswa menyukai membaca dan mendengarkan yang tersaji tau dibacakan oleh guru, sehingga dengan dikembangkannya Modul Ajar Menulis Teks Drama Menggunakan Media Audiovisual diharapkan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan peserta didik di kelas. Dapat dilihat dengan banyaknya siswa yang masih mendapat nilai dibawah KKM pada menulis teks drama di SMPN 1 Sukowono. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan. Ciri utama dari penelitian pengembangan adalah menghasilkan suatu produk .Modul ajar yang dikembangakan menggunakan media audiovisual ini menggunakan metode yang Project Based Learning dengan pengembangan produk awal, uji validasi untuk mendapatkan penilaian dari para ahli apakah modul sudah layak untuk diuji cobakan, dan revisi produk yang dilakukan setelah mendapat penilaian dari para ahli, dan uji coba lapangan dilakukan setelah mendapat hasil validasi dengan kategori yang ditentukan. Modul ajar menulis teks drama yang dikembangkan sangat penting karena untuk menciptakan teks drama yang sesuuai dengan struktur pembangun teks drama. Proses penyusunan modul ajar teks drama menggunakan media audiovisual dimulai dengan studi pendahuluan, kemudian tahap perencanaan menganalisis kurikulum untuk melihat capaian pembelajaran pada semester genap. Selanjutnya tahap desain guna mempersiapkan struktur pada modul ajar dengan detail. Dilakukan tahap pengembangan modul ajar yang kemudian di ujicobakan kepada calon pengguna. Setelah melalui tahap pengembangan dan pebaikan modul ajar siap digunakan. Hasil uji validitas dari ahli Modul ajar pada modul ajar teks drama menggunakan media audiovsual diperoleh skor rata-rata 97,9 artinya masuk dalam kategori sangat baik tidak perlu direvisi. Uji validasi dari ahli materi pada modul ajar menggunakan media audiovisual mendapat skor rata-rata 89,2 yang berarti termasuk dalam kategori baik dan sesuai serta tidak perlu direvisi. Hasil pengolahan kuesioner respon siswa terhadap produk modul ajar diperoleh nilai rata-rata 90,5 artinya modul ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik. Bagi guru, modul ajar teks drama menggunakan media audiovisual dapat dijadikan Modul ajar pendamping dari buku paket dari sekolah untuk peserta didik. Dan bagi siswa, modul ajar menggunakan media audiovisual dapat dijadikan sumber belajar untuk menambah pengetahuan dan kreatifitas dalam materi menulis teks drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Teks Drama, Audiovisual | |||||||||
Subjects: | 400 Language 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | SYEFTY YUNDA SYAN AL FARIDZYA | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | syanyunda@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2024 01:24 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2024 01:24 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23023 |
Actions (login required)
View Item |