Implementasi permainan gobak sodor dalam membangun keterampilan sosial pada siswa kelas VII di SMP Baitul Makmur
Makruf, Moh Anang (2024) Implementasi permainan gobak sodor dalam membangun keterampilan sosial pada siswa kelas VII di SMP Baitul Makmur. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Cover Skripsi.pdf Download (512kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (400kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya keterampilan sosial pada siwa, Kelas VII di SMP Baitul Makmur Bangsalsari Jember. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa dengan metode permainan gobak sodor pada siswa SMP Baitul Makmur. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Baitul Makmur Bangsalsari Kecamatan bangsalsari Kabupaten Jember Jawa Timur Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklusnya adalah satu kali pertemuan dengan setiap pertemuan waktunya 3 x 40 menit. Instrumen yang digunakan berupa permainan gobak sodor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Data awal test keterampilan unjuk kerja keterampilan sosial pada siswa menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 50%, yaitu siswa tuntas 10 siswa (50%), tidak tuntas 10 siswa (50%). Pada siklus satu terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 10%, yaitu siswa tuntas 12 siswa (60%) tidak tuntas 8 siswa (40%). Pada siklus dua terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 25%, yaitu siswa tuntas 17 siswa (85%) sehingga jumlah keseluruhan siswa yang tuntas adalah 17 siswa (85%) tidak tuntas 3 siswa (15%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan menggunakan permainan gobak sodor yang dilakukan dalam 2 siklus terbukti mampu meningkatkan hasi test unjuk kerja siswa terhadap keterampilan sosial pada siswa kelas VII di SMP Baitul Makmur Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Jawa Timur Tahun Pelajaran 2023/ 2024.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingMunandar, KukuhNIDN0706046703Dosen PembimbingSulaiman, AhmadNIDN0711019004
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Keterampilan sosial, permainan Tradisional, gobak sodor |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1) |
Depositing User: | Moh Anang | makrufanang272@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23925 |
Actions (login required)
View Item |