PENERAPAN LEXICON BASED FEATURES TERHADAP SUPPORT VECTOR MACHINE DALAM ANALISIS SENTIMEN APLIKASI CAMSCANNER PADA GOOGLE PLAY STORE
PUTRI, OKTAVIA PRATAMI (2025) PENERAPAN LEXICON BASED FEATURES TERHADAP SUPPORT VECTOR MACHINE DALAM ANALISIS SENTIMEN APLIKASI CAMSCANNER PADA GOOGLE PLAY STORE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini semakin pesat terutama dalam memberikan ulasan secara online diberbagai platform terutama pada Google Play Store. Google Play Store menawarkan fitur ulasan yang memungkinkan pengguna memberikan ulasan yang berkaitan dengan kepuasan, kritik, serta saran untuk aplikasi yang telah diunduh. Namun sering terjadi ketidaksesuaian antara rating dan ulasan yang diberikan oleh pengguna, sehingga hal tersebut belum mampu mempresentasikan kualitas aplikasi secara menyeluruh. Ruang lingkup penelitian ini hanya pada ulasan aplikasi dengan sentimen yang bernilai Positif dan Negatif. Penelitian ini dalam mengolah data menerapkan Lexicon Based Features terhadap Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai klasifikasi secara mendalam berdasarkan data hasil ulasan CamScanner dalam mencari hasil Akurasi, Presisi, dan Recall. Akurasi tertinggi yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu 94,4% sedangkan nilai Akurasi terendah didapatkan hasil sebesar 87%. Hasil Confusion Matrix dalam mencari Presisi pada sentimen Positif sebesar 91%, sedangkan Presisi yang diperoleh dari sentimen Negatif 77%. Hasil yang diperoleh dari Recall pada sentimen Positif yang didapatkan sebesar 97%, dan Negatif 48%.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingDARYANTO, DARYANTONIDN0707077203Dosen PembimbingA'YUN, QURROTANIDN0703069002
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Analisis Sentimen, Google Play Store, Teks Mining, Lexicon Based Features, SVM |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | Oktavia Pratami Putri | oktaviaputri858@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:42 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:42 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |