Analisis Pemasaran Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger

Kurniasari, Wilda Alfi (2019) Analisis Pemasaran Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (976kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
i. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (761kB)

Abstract

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis. Salah satu sentra budidaya ikan lele dumbo adalah di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui berapa macam pola saluran pemasaran ikan lele dumbo, tugas dan fungsi lembaga pemasaran yang terlibat, menganalisis efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey dengan lokasi dipilih secara sengaja, yaitu di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Proposionate Cluster Random Sampling, responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode Snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan analisis margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian yaitu: terdapat 3 pola saluran pemasaran ikan lele dumbo di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, menunjukkan saluran pemasaran 1 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - konsumen), saluran pemasaran 2 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - pedagang besar - konsumen) dan saluran pemasaran 3 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen), efisiensi pemasaran tertinggi ikan lele di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember terdapat pada saluran pemasaran 1 tingkat dengan nilai margin sebesar Rp 3000 per kg dan Farmer’s share tertinggi yaitu 82,86%. Nilai margin saluran pemasaran 2 tingkat sebesar Rp 4.620 per kg dengan nilai Farmer’s share sebesar 75,95%, sedangkan efisiensi pemasaran terendah terdapat pada saluran pemasaran 3 tingkat dengan nilai margin tertinggi yaitu Rp 9.265 per kg dan Farmer’s share terendah sebesar 60,14%. Pemasaran ikan lele di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger sudah efisien, karena nilai efisiensi pemasaran dari saluran pemasaran 1 tingkat, saluran pemasaran 2 tingkat dan saluran pemasaran 3 tingkat nilai farmer’s share lebih dari 50%. Kata kunci: saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer’s share.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer’s share
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 636 Animal Husbandry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2019 09:22
Last Modified: 11 Oct 2019 09:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item