HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESI REMAJA DI SMK NEGERI 1 JEMBER



MAGISTRA, AKTA PUTRA (2025) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESI REMAJA DI SMK NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada tahap ini, remaja sering menghadapi tekanan dari lingkungan akademik, sosial, maupun keluarga, yang dapat memicu perilaku agresif. Kesulitan dalam mengelola emosi menjadi salah satu faktor utama munculnya perilaku agresif. Kecerdasan emosional dapat membantu remaja memahami dan mengendalikan emosi secara adaptif. Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang bervariasi mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku agresif pada remaja di SMK Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan populasi siswa SMKN 1 Jember dengan jumlah 1785 dengan sampel 300 yang diambil menggunakan teknik random sampling melalui absensi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Aggression Questionnaire modifikasi dari Immanuel S (2023) dan Emotional Intelligence Questionnaire modifikasi dari Grace Olivia (2019). Analisa menggunakan uji regresi linier sederhana dengan hasil validitas 16 item untuk skala agresi dan 24 item untuk kecerdasan emosi. Hasil reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,697 untuk skala agresi dan 0,772 untuk skala kecerdasan emosional. Uji korelasi Spearman’s rho menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku agresif (r = -0,351, p = 0,000), yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin rendah kecenderungan perilaku agresif. Oleh karena itu, pengembangan kecerdasan emosional melalui pendidikan dan intervensi psikologis dapat menjadi strategi yang efektif dalam membantu remaja mengelola emosi dan mengurangi kecenderungan perilaku agresif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ANGGRAENI, SWASTIKASARI
NIDN 0708108806
Dosen Pembimbing
MAULANA, ARIF MUHIBBIN
NIDN 0718079401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Perilaku Agresi, Remaja
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: MAGISTRA AKTA PUTRA | magistraputra2002@gmail.com
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:33
Last Modified: 25 Apr 2025 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24744

Actions (login required)

View Item View Item