ANALISIS KESADARAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABILITY AWARENESS) SISWA PADA PEMBELAJARAN PROJEK IPAS SMK
Hasanah, Fitriatul (2025) ANALISIS KESADARAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABILITY AWARENESS) SISWA PADA PEMBELAJARAN PROJEK IPAS SMK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kesadaran akan keberlanjutan merupakan kompetensi penting yang perlu ditanamkan sejak dini melalui pendidikan. Namun, dalam praktiknya, integrasi isu-isu keberlanjutan dalam pembelajaran termasuk di SMK masih belum maksimal. Banyak siswa yang belum memahami konsep keberlanjutan secara utuh, dan kesadaran mereka terhadap pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi masih rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesadaran berkelanjutan (sustainability awareness) siswa dalam pembelajaran Projek IPAS di SMK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melibatkan 124 responden siswa SMK yang terdiri dari 91 siswa laki-laki dan 33 siswa perempuan. Instrumen sustainability awareness yang digunakan berupa kuesioner dengan mengacu pada 3 indikator Sustainability awareness yaitu: sustainability practice awareness, behavioral and attitude awareness dan emotional awareness. Instrumen terdiri atas 15 butir pernyataan positif, dan 9 butir pernyataan negatif. Instrumen yang digunakan telah memenuhi kategori valid dan reliabel, dimana semua butir pernyataan memiliki nilai r hitung > r tabel (0,324) pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) = 35. Untuk nilai reliabilitas yaitu 0,997 termasuk dalam kategori ‘’sangat tinggi”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran berkelanjutan dalam pembelajaran Projek IPAS di SMK tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 3,27 katagori tinggi pada pernyataan positif. Pada pernyataan negatif nilai rata-rata keseluruhan 2,67 kategori rendah. Dari tiga indikator yang dianalisis, Emotional awareness menunjukkan capaian tertinggi mean 3,23, Sustainability pracite awareness mean 3.3. Dan behavioral and attitude Awareness merupakan indikator terendah mean 3.0 pada pernyaatan positif. Sedangkan Pada pernyaatan negatif indikator emotional awareness menunjukkan capaian tertinggi mean 2,71. Sustainability pracite awareness mean 2.0 sedangkan behavioral and attitude Awareness mean 2.6. Selain itu, siswa perempuan menunjukkan tingkat kesadaran berkelanjutan yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki pada seluruh indikator, dengan rata-rata keseluruhan pada laki-laki 2,93 kategori sedang dan perempuan 3.05 kategori tinggi.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDEurika, NovyNIDN0014117901UNSPECIFIEDAfrida, Indah RakhmawatiNIDN0024048001
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kesadaran berkelanjutan, Kuesioner, Pendidikan berkelanjutan, Projek IPAS, SMK |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Fitriatul Hasanah | fitriatulhasanah528@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:26 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:26 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |