Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan
ILMIYAH, ILMIN (2025) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
a.pendahuluan.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
b.abstrak.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
c.bab 1.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
d.bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
e.BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
f.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text
g.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
![]() |
Text
h.BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text
i.daftar pustaka.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
j.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan. Komunikasi yang efektif antara guru dan siswa merupakan bagian penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang bermakna. Guru yang mampu membangun kedekatan emosional melalui komunikasi interpersonal yang terbuka, empatik, dan mendukung diyakini dapat meningkatkan semangat belajar siswa secara signifikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang merupakan total populasi dari salah satu tingkat kelas di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket yang mengukur dua variabel, yaitu komunikasi interpersonal guru dan motivasi belajar siswa. Menurut klasifikasi Arikunto hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,488 yang termasuk dalam kategori hubungan sedang.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin efektif komunikasi interpersonal yang dibangun oleh guru, maka semakin tinggi pula motivasi belajar yang dimiliki siswa. Temuan ini mendukung pandangan Deddy Mulyana tentang pentingnya komunikasi dalam dunia pendidikan, serta selaras dengan teori motivasi belajar menurut Sardiman yang menyatakan bahwa dukungan lingkungan, termasuk guru memiliki peran penting dalam membentuk dorongan belajar siswa. Oleh karena itu, guru perlu terus mengasah keterampilan komunikasinya agar proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan berdampak positif terhadap motivasi siswa.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingROFI, SOFYANNIDN0705078402Dosen PembimbingHUDA, HAIRULNIDN0720018902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Motivasi Belajar, SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Ilmin Ilmiyah | ilminilmiyah@gmail.com |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:17 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |