STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 1 JEMBER
PINANDITA, VIDI KRESNA (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (589kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pembelajaran sangat berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Salah satu strategi pembelajaran adalah strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif telah diterapkan oleh guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa. Rumusan masalah yang telah disusun yaitu bagaimana strategi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MA Muhammadiyah 1 Jember. Bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa. Pendekatan kualitatif berjenis deskriptif yang digunakan dalam penelitian, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan menggunakan teknik tringulasi sumber. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran dalam membentuk karakter siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif. Pemanfaatan strategi pembelajaran aktif pada siswa lebih kondusif dan efektif yang didasari dengan pembelajaran PAIKEM yang lebih menyenangkan. Guru akidah akhlak di MAM 1 Jember dalam membentuk karakter siswa menerapkan pembiasaan rutin, menjadi teladan, memberi dorongan yang positif, lingkungan yang mendukung, sehingga adanya penerapan tersebut siswa menjadi lebih jujur, disiplin dan Amanah.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSETIAWAN, BAHAR AGUSNIDN0717087802Dosen PembimbingNURSYAMSIYAH, SITINIDN0706027901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | strategi pembelajaran, karakter siswa |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | VIDI KRESNA PINANDITA | vidikresna06@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |