STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 1 JEMBER



PINANDITA, VIDI KRESNA (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran sangat berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Salah satu strategi pembelajaran adalah strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif telah diterapkan oleh guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa. Rumusan masalah yang telah disusun yaitu bagaimana strategi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MA Muhammadiyah 1 Jember. Bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa. Pendekatan kualitatif berjenis deskriptif yang digunakan dalam penelitian, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan menggunakan teknik tringulasi sumber. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran dalam membentuk karakter siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif. Pemanfaatan strategi pembelajaran aktif pada siswa lebih kondusif dan efektif yang didasari dengan pembelajaran PAIKEM yang lebih menyenangkan. Guru akidah akhlak di MAM 1 Jember dalam membentuk karakter siswa menerapkan pembiasaan rutin, menjadi teladan, memberi dorongan yang positif, lingkungan yang mendukung, sehingga adanya penerapan tersebut siswa menjadi lebih jujur, disiplin dan Amanah.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SETIAWAN, BAHAR AGUS
NIDN0717087802
Dosen Pembimbing
NURSYAMSIYAH, SITI
NIDN0706027901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: strategi pembelajaran, karakter siswa
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: VIDI KRESNA PINANDITA | vidikresna06@gmail.com
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:23
Last Modified: 30 Jun 2025 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item