HUBUNGAN PEER PRESSURE TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER
SUYONO, ALFIN PRATAMA (2025) HUBUNGAN PEER PRESSURE TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kedisiplinan belajar ialah suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa untuk
melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan-keputusan, peraturan dan normanorma
yang tertulis, maupun tidak tertulis antara siswa dan guru di sekolah maupun dengan
orang tua di rumah untuk mendapatkan penguasaan pengetahuan, kecakapan maupun
kebijakan (Melvin dan Surdin, 2017). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
hubungan antara peer pressure dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah
1 Jember. Jenis penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
110 siswa dengan jumlah sampel 84 siswa. Teknik pengambilan sampel Simple Random
Sampling menggunakan absen kelas. Skala yang digunakan yaitu Skala Peer Pressure
berdasarkan teori Clasen dan Brown (1987) yang diadaptasi dari penelitian Fatahilla (2022)
dan Skala Kedisiplinan Belajar berdasarkan teori Arikunto (1993) yang diadaptasi dari
penelitian Chalidinna (2023). Teknik yang digunakan yaitu Teknik analisis korelasi
Spearman’s dengan menggunakan program SPSS 24 for Windows. Hasil uji validitas Skala
Peer Pressure terdapat 58 item valid dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.941 dan hasil
uji validitas Skala Kedisiplinan Belajar terdapat 27 item valid dengan nilai Cronbach’s Alpha
sebesar 0.957. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0.285 > 0.05.
Artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel peer pressure (X) dengan
variabel kedisiplinan belajar (Y). Dapat dilihat pula dari koefisien korelasinya sebesar -0.118
≤ 0.01 sehingga terdapat hubungan negatif yang signifikan antara peer pressure dengan
kedisiplinan belajar siswa. Sehingga dapat dikatakan Ha ditolak dan H0 diterima.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSARI, ANGGRAENI SWASTIKANIDN0708108806Dosen PembimbingMUHIBBIN, MAULANA ARIFNIP23031036
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Peer Pressure, Kedisiplinan Belajar, Siswa |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 156 Comparative Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Alfin Suyono Pratama | alfinsuyonopratama16@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:28 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |