HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA PADA ANAK USIA SEKOLAH (9-11 TAHUN) DI SDN TEMPUREJO 03
HARIYANTIE, SANTI EKA (2025) HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA PADA ANAK USIA SEKOLAH (9-11 TAHUN) DI SDN TEMPUREJO 03. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
I. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
K. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak
Pendahuluan: Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan game online menjadi salah satu aktivitas populer di kalangan anak-anak usia sekolah. Namun, durasi bermain game online yang berlebihan berisiko menimbulkan dampak negatif tidak hanya bagi anak, tetapi juga bagi orang tua, khususnya dalam bentuk kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan durasi bermain game online dengan tingkat kecemasan orang tua pada anak usia sekolah (9-11 tahun) di SDN Tempurejo 03. Metode: Desain penelitian korelasi dengan pendekatan Cross- Sectional dengan jumlah sampel 82 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan meliputi kuisioner Internet Addiction Test (IAT) dan kuisioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan analisis data dilakukan secara unvariat dan bivarit dengan menggunakan uji Spearman Rho dengan tingkat signifikansi a < 0,05. Hasil: Hasil penelitian didapatkan p value <0,001 dengan korelasi 0,765 yang artinya ada hubungan antara durasi bermain game online dengan tingkat kecemasan orang tua dengan kekuatan hubungan yang kuat. Semakin normal durasi anak bermain game online, maka semakin ringan tingkat kecemasan orang tua. Kesimpulan: Penelitian ini merekomendasikan pentingnya keterlibatan aktif orang tua dalam mengawasi aktivitas digital anak dan pembatasan waktu bermain game sebagai upaya preventif terhadap gangguan psikologis baik pada anak maupun pada orang tua.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingROHMAH, NIKMATURNIDN0026067202Dosen PembimbingKHOLIFAH, SITINIDN0725098802
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | durasi bermain game online; kecemasan orang tua; anak usia sekolah |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Santi Eka Hariyantie | sankahariyantie@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 06:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:07 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |