IMPLEMENTASI PSIKOEDUKASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KOPING KELUARGA KLIEN DENGAN HALUSINASI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS PATRANG JEMBER
Andriani, Alvy (2025) IMPLEMENTASI PSIKOEDUKASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KOPING KELUARGA KLIEN DENGAN HALUSINASI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS PATRANG JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Halusinasi adalah perubahan jumlah atau stimulus yang disertai dengan gangguan respon kurang, berlebihan, atau distorsi terhadap stimulus. Keluarga mempunyai tanggung jawab untuk melakukan perawatan pada halusinasi dikarenakan keluarga yang paling sering berhubungan ataupun kontak langsung dengan halusinasi. Kemampuan keluarga dalam menganalisa masalah dan pemberian perawatan yang tepat pada anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa diharapkan dapat meningkatkan sistem koping keluarga. Dukungan keluarga menjadi peran vital untuk menciptakan koping keluarga yang sesuai untuk merawat klien halusinasi. Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan psikoedukasi dalam meningkatkan koping keluarga klien dengan halusinasi di wilayah kerja Puskesmas Patrang Jember. Metode: Studi ini menggunakan desain studi kasus untuk mengeksplorasi masalah keperawatan pada keluarga dengan klien halusinasi menggunakan intervensi psikoedukasi. Studi ini dilakukan selama 3 hari kerja pada 3 keluarga klien halusinasi. Hasil : Hasil evaluasi SP 1 terdapat perbedaan, keluarga klien 1 dan 2 mengetahui halusinasi tetapi tidak tau cara penangannya, sedangkan keluarga klien 3 menyangkal dan berpersepsi klien tidak ada gangguan jiwa. Hasil evaluasi keluarga klien mampu menerapkan SP 1 cara menghardik hingga SP 4 aktivitas. Kesimpulan : Keluarga klien mampu mengontrol halusinasi klien melalui teknik menghardik halusinasi dan minum obat.
Kata Kunci : Psikoedukasi, Halusinasi, Strategi Pelaksanaan
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen Pembimbingkomarudin, komarudinNIDN0708126803
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Psikoedukasi, Halusinasi, Strategi Pelaksanaan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Alvy Andriani | alvyandri83@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 01:18 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 01:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |