PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA
Wulandari, Siti (2025) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembelajaran yang berbasis teknologi. Namun, penerapan pembelajaran Biologi, khususnya pada materi sistem ekskresi yang bersifat abstrak
dan sulit diamati secara langsung, masih belum banyak memanfaatkan teknologi interaktif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil need assessment yang menunjukkan bahwa seluruh guru mengalami kendala dalam penyampaian materi
akibat terbatasnya media visual, dan sebanyak 66,66% guru belum pernah menggunakan animasi 3D. Selain itu 77,14% peserta didik menganggap materi sistem ekskresi sebagai materi yang sulit. Oleh karena itu, perlu dikembangkan
media pembelajaran seperti handout berbasis Augmented Reality (AR) materi sistem ekskresi manusia untuk membantu peserta didik memahami materi dan mencapai dapat ketuntasan hasil belajar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2025 di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 validator ahli dan peserta didik kelas XI SMA
Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, hasil belajar peserta didik, dan kepraktisan dari Handout berbasis Augmented Reality (AR) yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi manusia untuk kelas XI SMA. Penelitian yang dilakukan menggunakan lima tahap pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan angket need assessment guru & peserta didik, angket validasi ahli, tes dalam bentuk post-test, serta angket respon peserta didik. Data yang didapatkan akan dianalisis untuk mengetahui validitas produk, hasil belajar peserta didik, dan kepraktisan media setelah menggunakan Handout berbasis Augmented Reality (AR) materi sistem ekskresi manusia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Handout berbasis Augmented Reality (AR) materi sistem ekskresi manusia yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dengan presentase rata-rata ahli 85,44% dengan kategori sangat valid. Media ini juga terbukti dapat membantu ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan persentase 82,75%, serta dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji kepraktisan yang memperoleh nilai sebesar 91,45% dengan kategori sangat praktis. Peneliti selanjutnya disarankan menyempurnakan handout berbasis AR dengan menambahkan organ ekskresi lain seperti paru-paru, kulit, dan hati agar visualisasi lebih lengkap. Penggunaan AR sebaiknya menggunakan file yang ringan, tidak
membebani memori perangkat, dan dapat diakses tanpa aplikasi tambahan. Objek organ juga perlu dibuat interaktif dengan fitur perputaran 360 derajat, serta dapat diamati dari berbagai sudut melalui tampilan di smartphone.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingPriantari, IkaNIDN0715018301Dosen PembimbingPrafitasari, Aulya NandaNIDN0711039105
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Handout, Augmented Reality, Sistem Ekskresi |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 600 Technology and Applied Science |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Siti Wulandari | stwulandari18@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 01:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 01:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |