strategi humas PT KAI dalam mempertahankan citra positif pada kasus penertiban aset di daerah operasi 9 jember (jl. mawar)
Farizal, Achmad (2025) strategi humas PT KAI dalam mempertahankan citra positif pada kasus penertiban aset di daerah operasi 9 jember (jl. mawar). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bidang Humas adalah bidang penting pada suatu perusahaan untuk menunjang suatu aktivitas manajemen dalam meningkatkan citra positif di masyarakat, hubungan masyarakat mencakup semua komunikasi terstruktur, baik internal maupun eksternal, untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Humas adalah cabang ilmu komunikasi yang bertujuan membangun komunikasi antara perusahaan dan publiknya . Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling yaitu melalukan wawancara secara mendalam untuk memperoleh informasi yang diinginkan dengan judul “Strategi Humas PT KAI dalam Mempertahankan Citra Positif pada Kasus Penertiban Aset di Daerah Operasional Jember. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT KAI Daop 9 Jember menggunakan strategi komunikasi berlandaskan model Cutlip, Center & Broom, yang terdiri dari tahapan pengumpulan fakta, perencanaan, pelaksanaan komunikasi, dan evaluasi menyeluruh. Pada tahap awal, fokus utamanya adalah pengumpulan data hukum dan sosial sebagai dasar untuk membangun narasi yang akurat. Komunikasi dilakukan melalui siaran pers, media sosial, mediasi forum, dan kolaborasi antar sektor. Humas juga aktif mengumpulkan opini publik dan media untuk mengantisipasi potensi krisis reputasi akibat penyebaran informasi negatif.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen Pembimbingsusanti, ariNIDN0701047701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Strategi Humas, Citra, Penertiban Aset |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) |
Depositing User: | Achmad Farizal | ahmadfarizal879@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |