Dampak Atmosfer Cafe Kualitas Layanan dan Desain Interior terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Lir-ilir Social House Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi



Rahim, Shafirda (2025) Dampak Atmosfer Cafe Kualitas Layanan dan Desain Interior terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Lir-ilir Social House Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK shafir.pdf] Text
ABSTRAK shafir.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of BAB I shafir.pdf] Text
BAB I shafir.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB II shafir.pdf] Text
BAB II shafir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III shafir.pdf] Text
BAB III shafir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV shafir.pdf] Text
BAB IV shafir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V shafir.pdf] Text
BAB V shafir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA shafir.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA shafir.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of LAMPIRAN shafir.pdf] Text
LAMPIRAN shafir.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atmosfer kafe, kualitas layanan, dan desain interior terhadap loyalitas pelanggan di Lir-Ilir Social House, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling kepada 85 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial, variabel atmosfer kafe dan desain interior memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,036 dan 0,000 (< 0,05), sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan karena nilai signifikansi sebesar 0,521 (> 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa suasana yang menyenangkan dan desain interior yang menarik memiliki peran penting dalam membentuk loyalitas pelanggan, sedangkan kualitas layanan tidak cukup kuat memengaruhi loyalitas secara langsung dalam konteks ini. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya menciptakan atmosfer kafe yang nyaman dan desain interior yang estetik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Saran yang dapat diberikan kepada manajemen kafe adalah untuk terus memperkuat elemen visual, tata ruang, serta menciptakan suasana khas yang mampu membangun keterikatan emosional pelanggan. Meskipun kualitas layanan tidak menunjukkan pengaruh signifikan, aspek tersebut tetap perlu dipertahankan demi mendukung keseluruhan pengalaman pelanggan secara holistik.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nursaid, Nursaid
nidn
Dosen Pembimbing
Rusdiyanto, Rusdiyanto
nidn

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: atmosfer cafe, kualitas layanan, desain interior, loyalitas pelanggan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: shafirda rahim | shafirdarahim@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:43
Last Modified: 19 Aug 2025 06:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26959

Actions (login required)

View Item View Item