PERAN TRANSFORMASIONAL MIDDLE MANAJER DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN ORGANISATORIS TERHADAP PEMASARAN DIGITAL (Studi Pada Perusahaan Farmasi se Jawa Timur)



Ibrahim, Sholeh (2025) PERAN TRANSFORMASIONAL MIDDLE MANAJER DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN ORGANISATORIS TERHADAP PEMASARAN DIGITAL (Studi Pada Perusahaan Farmasi se Jawa Timur). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of C. Bab 1.pdf] Text
C. Bab 1.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of D. Bab 2.pdf] Text
D. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of E. Bab 3.pdf] Text
E. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of F. Bab 4.pdf] Text
F. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Bab 5.pdf] Text
G. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah merevolusi lanskap bisnis global, termasuk industri farmasi. Dalam konteks ini, peran middle manager menjadi krusial sebagai penghubung strategis antara manajemen puncak dan lini operasional dalam mendorong adopsi teknologi digital. Penelitian ini menggunakan kombinasi dari teori Kepemimpinan Tranformasional, Resource-Based View (RBV), Kinerja Organisadi dan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengkaji pengetahuan, keterampilan, organisatoris, transformasional middle manajer dan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan teknologi, keterampilan penggunaan, dan organisatoris terhadap keberhasilan pemasaran digital perusahaan farmasi di Jawa Timur, serta menguji peran moderasi kepemimpinan transformasional middle manager dalam hubungan tersebut. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode sensus terhadap 200 middle manager dari perusahaan farmasi kategori principal dan distributor. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) melalui software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan organisatoris berpengaruh positif terhadap pemasaran digital. Selain itu, kepemimpinan transformasional middle manager terbukti memperkuat hubungan tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi empiris bagi aspek organisatoris seperti struktur kerja yang agile, budaya inovatif, dan sistem penghargaan berbasis kinerja digital.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Probowulan, Diyah
NIDN0730117603
Dosen Pembimbing
Supeni, Retno Endah
NIDN0722056703

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Pengetahuan, keterampilan, organisatoris, tranfromasional middle manajer dan pemasaran digital.
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Sholeh Ibrahim | sholehibrahim328@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:21
Last Modified: 22 Aug 2025 06:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27395

Actions (login required)

View Item View Item