Pengaruh Perceived Organizational Support Terhadap Employee Engagement Guru SD Negeri di Jambesari Darussholah
MUSAFIROH, REZA DAMAYANTI (2025) Pengaruh Perceived Organizational Support Terhadap Employee Engagement Guru SD Negeri di Jambesari Darussholah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Employee engagement merupakan kondisi berpikir positif yang ditandai dengan adanya vigor, dedication, dan absorption, yang berperan penting dalam mendukung kinerja optimal guru. Tingginya keterlibatan kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah perceived organizational support (POS), yaitu sejauh mana individu merasa bahwa organisasi menghargai kontribusi dan peduli terhadap kesejahteraannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perceived organizational support terhadap employee engagement guru SD Negeri di Jambesari Darussholah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan subjek penelitian adalah 131 guru, melalui sampel jenuh. Instrument yang digunakan adalah skala POS (27 items, reliabilitas = 0.890), dan skala UWES 17 (17 item, reliabilitas = 0.915). Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menguji hipotesis alternatif bahwa perceived organizational support memiliki hipotesis alternatif bahwa perceived organizational support memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap employee engagement. Hasil penelitian ini menunjukkan p-value < 0.000, yang berarti hipotesis diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa perceived organizational support berperan penting dalam meningkatkan employee engagement, sehingga sekolah perlu memperkuat praktik keadilan, apresiasi, dan dukungan terhadap guru secara berkesinambungan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWIBOWO, DANAN SATRIYONIDN0725118405UNSPECIFIEDLAILI, JANUARIYANIDN0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | EMPLOYEE ENGAGEMENT, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT, GURU SD |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Reza Damayanti Musafiroh | reza.alfanalfin@gmail.com |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 02:34 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |