Pengaruh Kapasitas Pengereman dan Variasi Kecepatan terhadap Efisiensi Rem Tromol dan Rem Cakram pada Sepeda Motor Type Sport 200CC



Chobir, Alle Senalega (2018) Pengaruh Kapasitas Pengereman dan Variasi Kecepatan terhadap Efisiensi Rem Tromol dan Rem Cakram pada Sepeda Motor Type Sport 200CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 8. ABSTRAK.pdf] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of 13. BAB III.docx] Text
13. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Terkadang konsumen membuat perubahan tanpa mempertimbangkan kinerja dari suatu rem. Kinerja pengereman dari kendaraan adalah waktu pengereman, jarak pengereman, perlambatan dan efisiensi pengereman. Modifikasi pengereman sangat diharapkan untuk memperhatikan kinerja pengereman yang dihubungkan dengan kinerja kendaraan. Hubungan yang sangat nyata ketika beban pengereman yang diberikan dengan kapasitas tertentu harus disesuaikan dengan kecepatan awal pengereman, sebab kapasitas yang besar dengan kecepatan tinggi memungkinkan kendaraan skid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kapasitas pengereman antara rem tromol dan rem cakram pada berbagai variasi beban pengereman; dan menganalisa pengaruh kapasitas pengereman dan variasi kecepatan terhadap efisiensi rem tromol dan rem cakram. Dengan menggunakan metode analisi semi empiris dilakukan pengujian kapasitas pengereman pada sepeda motor tipe sport 200 cc. Mengacu pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terbukti bahwa sistem rem cakram berpengaruh pada tingkat efektifitas pengereman, sehingga penggantian sistem rem cakram pada sepeda motor tipe sport dapat dilaksanakan agar tingkat efektifitas pengereman dapat meningkat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufarida, Nely Ana
nidn0022047701
UNSPECIFIED
Siswanto, Edy
nidn0709126702

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kapasitas Pengereman, Kecepatan, Rem Tromol dan Cakram
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 691 Building Material
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:13
Last Modified: 22 Nov 2019 03:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item