Sukowati, Veny (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. halaman awal.pdf Download (688kB) |
|
Text
b. abstract.pdf Download (263kB) |
|
Text
c. bab I.pdf Download (355kB) |
|
Text
d. bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
e. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text
f. bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
h. bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
i. daftar rujukan.pdf Download (186kB) |
|
Text
j. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
k. artikel.pdf Download (488kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara ketika peneliti melaksanakan program lapangan persekolahan. dari siswa menyatakan bahwa siswa masih menginterpretasikan mengalami kesulitan soal yang diberikan sehingga siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tentang peluang. Kemudian guru mencoba menjelaskan dengan menggunakan gambar atau contoh untuk mempermudah siswa dalam memahami materi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran examples non examples pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa? Bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada materi peluang? Terdapat satu tujuan penelitian yang ditulis oleh peneliti, yaitu mengetahui penggunaan model pembelajaran examples non examples pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dala penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 03 Agustus hingga 12 agustus 2019 di kelas VIII E SMP Nurul Islam Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siswa dapat menyebutkan dengan bahasanya sendiri yang awalnya memiliki presentase 50% menjadi 83%. Siswa menggunakan bahasa matematis dengan presentase 51% menjadi 81%. Siswa mampu menerapkan konsep dengan menggunakan representasi memiliki presentase 74% yang meningkat menjadi 81%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran examples non examples pada materi peluang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Examples Non Examples, Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa, Peluang. | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKAN MATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Users 202 not found. | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | venysuko12@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2019 01:31 | |||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2019 01:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
View Item |