Analisis Pemasaran Tape Singkong Di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso

Kurniawan, Faidatur Rizki (2020) Analisis Pemasaran Tape Singkong Di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhamadiyah Jember.

[img] Text
a PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
c BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
d BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
e BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
f BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
g BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
h BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
i BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
j Daftar pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
k LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
l ARTIKEL.pdf

Download (592kB)

Abstract

Tape merupakan makanan khas Kabupaten Bondowoso maka dari itu Bondowoso di sebut kota Tape karena rasa tapenya yang khas, manis dan tidak berserat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis saluran pemasaran; (2) menganalisis margin pemasaran; dan (3) menganalisis efisiensi pemasaran. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan analitik bertujuan untuk membuat pecandraan secara sistematis, fatual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat yang terjadi pada produsen tape singkong dan lembaga pemasaran. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, margin pemasaran dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua pola saluran pemasaran tape singkong di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso yaitu: (a) saluran pemasaran 1 satu tingkat: produsen–pedagang pengecer- konsumen, (b) saluran pemasaran 2 dua tingkat: produsen–pedagang pengepul-pedagang pengecer-konsumen; (2) margin saluran pemasaran 1 tingkat sebesar Rp 4.000/kg dengan distribusi untuk share keuntungan 75% dan biaya 25%. Margin saluran pemasaran 2 tingkat sebesar Rp 7.000/kg dengan distribusi untuk share keuntungan 84,29% dan biaya 15,71%; (3) saluran pemasaran I lebih efisien dengan nilai farmer’s share sebesar 66,67% sedangkan pada pola saluran pemasaran II dengan nilai farmer’s share sebesar 53,33%. Kata kunci: efisisensi pemasaran, margin pemasaran, saluran pemasaran, tape singkong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Kurniawan Faidatur Rizki
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:20
Last Modified: 10 Mar 2020 06:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item