Analisis Pemasaran Agroindustri Rengginang Ikan Antar Skala Usaha Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

Rahman, Dian Ainur (2020) Analisis Pemasaran Agroindustri Rengginang Ikan Antar Skala Usaha Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Muhamadiyah Jember.

[img] Text
a Pendahuluan.pdf

Download (888kB)
[img] Text
b ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
c BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
d BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
e BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
f BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
g BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
h BAB Vl.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
i BAB Vll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
j Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] Text
k Lampiran fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
l ARTIKEL.pdf

Download (703kB)

Abstract

Potensi ikan di Kecamatan Panarukan dimanfaatkan sebagian warganya sebagai bahan baku rengginang ikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) keuntungan agroindustri 2) saluran pemasaran, 3) keuntungan pemasaran, dan 4) efisiensi pemasaran antar skala usaha agroindustri rengginang ikan. Penelitian berlokasi di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, menggunakan metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method). Sampel yang digunakan adalah 18 pengusaha rengginang ikan di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan instansional. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer share, dan rasio keuntungan/biaya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan tingkat keutungan antar skala usaha dengan rata-rata keuntungan skala kecil Rp 9.581/kg produk sedangkan skala rumah tangga Rp 11.460/kg produk. 2). ada dua macam saluran pemasaran rengginang ikan yaitu: a) saluran pemasaran satu tingkat digunakan oleh 44% pengrajin yang seluruhnya merupakan skala rumah tangga, b) saluran dua tingkat digunakan oleh 56%pengrajin ,seluruhnya pengrajin skala kecil. 3) keuntungan pemasaran pada agroindustri skala kecil sebesar Rp 4.109/kg produk sedangkan skala rumah tangga sebesar Rp 3.808/kg produk. 4) seluruh saluran pemasaran yang digunakan efisien. Farmer share pengrajin pada saluran dua tingkat yaitu sebesar 74,24% lebih besar dari pada saluran satu tingkat yaitu sebesar 81,97% dengan rasio keuntungan/ biaya pemasaran skala kecil sebesar 0,06 dan skala rumah tangga sebesar 0,13. Kata kunci : efisiensi pemasaran, keuntungan agroindustri rengginang, Keuntungan pemasaran dan Saluran pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Rahman Dian Ainur
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:08
Last Modified: 10 Mar 2020 06:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item