MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK KARTU DI KELOMPOK B TK ABA WONOASRI TEMPUREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

pangestu, aringga eka (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK KARTU DI KELOMPOK B TK ABA WONOASRI TEMPUREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
J. JURNAL .pdf

Download (902kB)

Abstract

ABSTRAK Pangestu, Aringga Eka. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Menggunakan Media Kotak Kartu Di Kelompok B di TK ABA Wonoasri Tempurejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Wahyu Diah Laksmi Anggraini., M.Pd. (2) Angraeny Unedia Rachman, M.Pd. Kata kunci: Media Kotak Kartu, kemampuan membaca awal Anak usia dini merupakan ana yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Serta mengalami proses perkembangan yang berbeda pula. Mereka telah dibekali dengan segala kemampuan yang berbeda beda. Stimulasi yang diberikan harus tepat dan cepat dimasa ini tidak akan terulang kembali.Salah satu kemampuan yang dimiliki anak yaitu kemampuan membaca awal . Kemampuan-kemampuan yang ada pada anak akan berkembang dengan maksimal bila diberikan dengan bermain. Faktor terpenting untuk siswa TK dalam belajar membaca, yaitu menggunakan alat bantu atau media dalam upaya mendukung mereka untuk memperoleh kemampuan membaca awal yang maksimal. Salah satu alat bantu atau media yang digunakan adalah kotak kartu huruf, kartu .Dengan bermain kotak kartu anak akan dapat belajar membaca awal dengan menyenangkan. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media kotak kartu dapat mengembangkan kemampuan membacaa awal anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonoasri Tempurejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di TK ABA Wonoasri Tempurejo, tanggal 14 Oktober 2019 sampai 30 Januari 2020. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perkembangan membaca awal anak melalui penerapan media kotak kartu dikelompok B TK ABA Wonoasri Tempurejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi . Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca awal dapat ditingkatkan dengan media kotak kartu secara klasikal dari 17 anak terdapat 13 anak yang tuntas belajarnya, dan ada 4 anak yang belum tuntas belajarnya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui kemampuan membaca awal secara klasikal yang diperoleh 76,47% yang berarti sudah tercapai kriteria kesuksesannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan   ABSTRACT Pangestu, Aringga Eka. 2020. Improving Early Childhood Reading Abilities Using Card Box Media in Group B at ABA Kindergarten Wonoasri Tempurejo 2019/2020 Academic Year. Thesis, Early Childhood Education Program. Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Jember. Supervisor: (1) Dr. Wahyu Diah Laksmi Anggraini., M.Pd. (2) Angraeny Unedia Rachman, M.Pd. Keywords: Card Box Media, initial reading ability Early childhood is ana who is undergoing a process of growth and development. As well as experiencing a different process of development. They have been equipped with all the different abilities. The stimulation provided must be precise and fast this period will not be repeated. One of the abilities possessed by children is the ability to read early. The abilities that exist in children will develop to the maximum if given by playing. The most important factor for kindergarten students in learning to read is using aids or media in an effort to support them to gain maximum initial reading ability. One of the aids or media used are letter card boxes, cards. By playing card boxes children will be able to learn to read early with fun. The problem of this research is how the application of the card box media can develop the early reading skills of children in group B Aisyiyah Bustanul Athfal Wonoasri Tempurejo in 2019/2020 Academic Year. This class action research was conducted at TK ABA Wonoasri Tempurejo, on October 14, 2019 until January 30, 2020. The study aims to determine the child's early reading development through the application of the card box media in group B ABA Kindergarten Wonoasri Tempurejo 2019/2020 Academic Year. This type of research is classroom action research. Data collection methods used are observation and documentation. Based on the results of observations it can be concluded that the ability to read early can be improved with the classic card box media of 17 children, there are 13 children who have finished learning, and there are 4 children who have not finished learning. From these calculations it can be seen the initial reading ability classically obtained 76.47% which means that the criteria for success have been achieved. Thus it can be concluded that usage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK KARTU DI KELOMPOK B TK
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 001 Knowledge
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI86207#PENDIDIKANANAKUSIADINI" not defined]
Depositing User: Pangestu Aringga Eka
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorwardhani, wahju dyah laksminidn0603424
Thesis advisorrachman, angraeny unedianidn1503623
Contact Email Address: aringgajur@gmail.com
Date Deposited: 16 Mar 2020 00:50
Last Modified: 16 Mar 2020 00:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item