(Peer review+Similarity) Boneka Gender: Implementasi Metode Proyek Pendidikan Gender Pada Calon Guru PAUD

Wardhani, Wahju Dyah Laksmi and Puspitasari, Nita and Suliastiningsih, Agnes and lestari, Eka dwi and Syafitri, Lucky Mariana and hasanah, khotibatul (2019) (Peer review+Similarity) Boneka Gender: Implementasi Metode Proyek Pendidikan Gender Pada Calon Guru PAUD. Prodi PG PAUD Universitas Lancang Kuning.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikankan kemampuan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)' dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran benvawasan gender pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan subyek 5 mahasiswa peserta mata kuliah Wawasan Gender di program studi PGPAUD Universitas Muhammadiyah Iember. Sebagian mahasiswa peserta mata kuliah ini telah menjadi guru di PA.VD,. namun mereka menyadari bahwa dalam pembelajaran tentang gender untuk anak belum terlalu balk. Dalam pengembangan proses pembelajaran mata kuliah Wawasan Gender ini selanjutnya, mahasiswa dibagi dalam 5 kelompok yang melaksanakan proyek mulai dari rancangan pengembangan skenario pembelajaran gender untuk anak kelampok 5 ~ 6 tahun, penyiapan media belajar serta simulasi dalam kelompok terbatas di lapangan. Media pembelajaran dan rencana implementasi lapangan dikembangkan pada paruh semester usai UTS dengan menggunakan skenario pembelajaran yang sudah dirancang saat sebelum UTS. Hasil yang diperoleh mahasiswa setelah menerapkan media boneka gender dan skenario pembelajaran di lapangan secara terbatas menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep-konsep gender serta peran gender yang lebih abstrak melalui media boneka gender.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: metode proyek, wawasan gender
Subjects: ?? 300 ??
?? 370 ??
?? 371 ??
Divisions: ?? pg_paud ??
Depositing User: Users 507 not found.
Contact Email Address: dyahlaksmi_paud@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 03:26
Last Modified: 11 Mar 2022 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item