Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa kelas IX SMPN 01 Semboro. Tahun Pelajaran 2018/2019

Afandi, Faiz Rachmat (2020) Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa kelas IX SMPN 01 Semboro. Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text
B. BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (248kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkatannya. Menulis bukan hanya sekedar menuliskan, melainkan suatu kegiatan yang terorganisir sedemikian rupa sehingga terjadi suatu tindak komunikasi. Paragraf narasi sebagai salah satu genre sastra bahasa tulis jauh berbeda dengan bahasa lisan. Perbedaan bahasa tulis dengan lisan tidak dapat didefinisikan karena keduanya memiliki keistimewaan bergantung dari cara pemakaiannya. Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dihasilkan berupa deskripsi tentang kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang berusaha mendeskripsikan kondisi kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis paragraph narasi siswa IX SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019 apabila ditinjau dari kemam-puan individu sampel siswa dalam menulis paragraf narasi siswa kelas IX SMP Negeri 01 Semboro tahun pelajaran 2018/2019 ada 4 siswa (25%) yang tergolong sangat baik, dan ada 5 siswa (31,25%) yang tergolong baik, sedangkan siswa sampel yang tergolong cukup ada 7 siswa (48,75%), sedangkan rata rata kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas IX SMP Negeri 01 Semboro tahun pelajaran 2018/2019 tergolong baik karena mempunyai nilai rata rata 70,25. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah Kemampuan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas XI SMP Negeri 01 Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019” dapat disimpuilkan sebagai berikut: 1) kemampuan siswa kelas XI SMP N 01 Semboro dalam menulis ditinjau dari indikator mengungkapkan sudut pandang tergolong baik dengan prosentase 75%, kemampuan siswa kelas XI SMP N 01 Semboro dalam menulis paragraf narasi ditinjau dari indikator mengungkapkan penokohan tergolong baik dengan prosentase 67,25%, 3) kemampuan siswa kelas XI SMP N 01 Semboro dalam menulis paragraf narasi ditinjau dari indikator mengungkapkan latar tergolong baik dengan prosentase 68,5%, 4) kemampuan siswa kelas XI SMP N 01 Semboro dalam menulis paragraf narasi ditinjau dari indikator mengungkapkan alur tergolong baik dengan prosentase 68,5%, dan, 5) kemampuan siswa kelas XI SMP N 01 Semboro dalam menulis paragraf narasi ditinjau dari indikator mengungkapkan tindak tanduk tergolong baik dengan prosentase 71,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Faiz Rachmat Afandi
Date Deposited: 15 Jul 2020 06:29
Last Modified: 15 Jul 2020 06:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item