Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi

Yogasmara, El Sandy Victor (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (957kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
J. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
K. Artikel Penelitian.pdf

Download (644kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti, sebagai pendidikan nilai moralitas manusia yang disadari dan dilakukan dalam tindakan nyata. Ada beberapa kegiatan yang sangat dirasa efektif untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Kegiatan tersebut ialah membaca, khususnya membaca sebuah karya sastra seperti novel. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaiamana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter individu terhadap diri sendiri, individu terhadap kelurga, individu terhadap Tuhan, penerapan pendidikan karakter novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Cara operasional teknik pengumpulan data ini terdiri dari menyiapkan lembar pengumpulan data, menyeleksi data, memberi deskripsi, menarik kesimpulan. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti selaku instrumen. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Teknik kesahihan data adalah ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi mengandung beberapa klasifikasi atau konteks penerapan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Konteks penerapan dalam kehidupan itu terdiri dari hubungan individu terhadap diri sendiri, hubungan individu terhadap keluarga, hubungan individu terhadap Tuhan. Mengingat novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi merupakansebuah karya sastra, sangat dimungkinkan novel ini diterapkan ke dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Beberapa penerapan tersebut tentunya harus memiliki saluran atau media. Saluran tersebut terdiri dari penerapan novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi ke dalam baha ajar, model pembelajaran, serta penilaian otentik. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari peneliti ini adalah novel “Merdeka Sejak Hati” Karya A. Fuadi mengandung nilai-nilai karakter yang terbagi ke dalam beberapa konteks kehidupan serta dapat diterapkan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Novel, Sastra
Subjects: 400 Language > 440 Romance Language, French
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yogasmara El Sandy Victor
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorCitraningrum, DIna Merdekanidn0717088701
UNSPECIFIEDHusin, Ahmadnidn
Contact Email Address: elyoga9@gmail.com
Date Deposited: 18 Jul 2020 01:14
Last Modified: 18 Jul 2020 01:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item