Hubungan Empati dan Keramahan Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Klinik dr. Suherman Jember

Alfirosa, Bintari Puspa (2020) Hubungan Empati dan Keramahan Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Klinik dr. Suherman Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (981kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
i. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
k. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
l. ARTIKEL.pdf

Download (565kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan perbandingan harapan dan kenyataan yang pasien dapatkan dari pelayanan kesehatan, yang mana hal tersebut dapat dijadikan sebagai indikator untuk menilai mutu pelayanan kesehatan. Faktor kepuasan pasien dapat disebabkan oleh empati dan keramahan perawat saat memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan empati perawat dengan kepuasan pasien terkait empati perawat dan keramahan perawat dengan kepuasan pasien terkait keramahan perawat di ruang rawat inap Klinik dr. Suherman Jember. Desain korelasi yang digunakan adalah pendekatan Cross Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden yang diambil menggunakan teknik quota sampling. Hasil uji statistik empati perawat dengan kepuasan pasien terkait empati perawat menggunakan spearman rho dengan α = 0,05 didapatkan p value = 0,001 dan r = 0,533 yang artinya empati perawat memiliki hubungan dalam kategori sedang dengan kepuasan pasien terkait empati perawat. Hasil uji statistik yang sama terhadap keramahan perawat dengan kepuasan pasien terkait keramahan perawat didapatkan p value = 0,000 dan r = 0,610 yang artinya keramahan perawat memiliki hubungan dalam kategori kuat dengan kepuasan pasien terkait keramahan perawat. Mutu kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap citra institusi pelayanan kesehatan di masyarakat. Perawat sebagai tenaga kesehatan yang sering berinteraksi dengan pasien disarankan untuk selalu memperhatikan kualitas pelayanannya, salah satunya dengan cara meningkatkan sikap empati dan keramahan perawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Empati Perawat, Keramahan Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Bintari Puspa Alfirosa
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmuji, Asmujinidn0015067201
Thesis advisorPutri, Fitriananidn0704028101
Contact Email Address: bintaripuspaalfirosa.10@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:40
Last Modified: 27 Jul 2020 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5282

Actions (login required)

View Item View Item