Firmansyah, Baiq Zafaria (2020) Pengembangan E-comic Berbasis Website Tentang Proses Pendistribusian Kubis pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
2. PENDAHULUAN.pdf Download (737kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I (1-10).pdf Download (457kB) |
|
Text
BAB II (11-25).pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III (26-44).pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV (45-73).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V (74-79).pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI (80-83).pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN (84-87).pdf Download (445kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan e-comic berbasis website. Produk ini dikembangkan karena adanya temuan di sekolah tentang kurang minatnya siswa saat belajar menggunakan media buku yang hanya berisi teks saja. Dari hasil penelitian pendahuluan didapatkan hasil bahwa siswa cenderung tertarik belajar menggunakan buku teks bergambar sebagai penjelasan makna teks dalam buku. Berikutnya, adanya kesulitan dalam memahami materi aritmetika sosial, karena membutuhkan penalaran yang tinggi untuk dapat memahami materi tersebut. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development), menggunakan desain pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang diungkapkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Kemudian, instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, angket respon siswa, dan angket respon ahli (validasi ahli). Berdasarkan hasil dari pengembangan e-comic ini, didapatkan bahwa 90% siswa menyatakan materi yang disajikan menarik dan dapat menjadi media yang baik untuk pembelajaran matematika serta 86,25% siswa menyatakan bahwa komik sangat mudah didapatkan dan digunakan. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah e-comic berbasis website terbukti dapat dijadikan media dalam pembelajaran yang tepat untuk membuat siswa menyukai belajar matematika, khususnya dalam mempelajari materi aritmetika sosial melalui keunikan budaya lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-comic, etnomatematika, aritmatika sosial | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Firmansyah Baiq Zafaria | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | baiqzafaria09@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2020 06:32 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2020 06:32 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5296 |
Actions (login required)
View Item |