Amalia, Nanda Desy (2019) Gambaran Meaning of Work Pada Guru TK di Persyarikatan Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (990kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
J. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (589kB) |
Abstract
Makna kerja merupakan hal yang harus dimiliki setiap pekerja. Dengan adanya makna kerja individu dapat menunjukan keberaniannya dalam berekspresi, menyadari keunikan dan keistimewaan dalam bekerja sehingga bisa memaknai pekerjaan secara utuh. Terdapat empat dimensi yang dapat digunakan untuk memahami makna dalam bekerja. Dimensi pertama developing becoming self dimana seseorang dapat mengembangkan apa yang ada dirinya. Dimensi kedua adalah unity with others, dimana seseorang dapat menyatu, bekerja sama dengan rekan kerjanya. Dimensi ketiga tentang expressing full potential, dimana individu dapat mengekspresikan bakat atau potensi yang ada didalam dirinya dan yang terakhir service to others dimana individu dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran meaning of work pada guru TK di persyarikatan Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling. Penelitian dilakukan pada 87 guru dengan karakteristik guru yang bekerja di persyarikatan Muhammadiyah dan berada di wilayah kota Jember. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala meaning of work miliki Wiersma (2012) dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran makna kerja guru berada pada kategori rendah dengan prosentase sebanyak 51% dan jumlah sebanyak 40 guru. Berdasarkan jenis kelamin sebanyak 87 guru atau 100% yang bekerja di persyarikatan Muhammadiyah berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan lama bekerja, guru yang memiliki makna kerja paling tinggi terdapat di rentang waktu lebih dari 30 tahun dengan jumlah 3 guru dan prosentase sebesar 75%. Jika dilihat dari rentang usia, guru yang memiliki makna kerja tertinggi berada pada rentang usia 51 sampai dengan 61 tahun dengan jumlah 3 guru dan prosentase sebesar 63%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meaning of work Makna bekerja | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Amalia Nanda Desy | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nandadesy1221@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2020 02:59 | |||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2020 02:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5555 |
Actions (login required)
View Item |