Hamidah, Siti (2020) Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Di MA Annur Kalibaru. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (242kB) |
Abstract
Keberagaman yang ada di Indonesia banyak menimbulkan kesalah pahaman pada masyarakat tertentu yang tidak mengerti tentang multikultural. Peran guru bahasa Indonesia sangat diharapkan untuk menerapkan pendidikan tersebut dalam pendidikan. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural di MA Anuur Kalibaru, mengapa guru bahasa Indonesia harus menerapkan pendidikan multikultural di MA Annur Kalibaru, dan apa faktor penghambat dan pendukung guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural di MA Annur Kalibaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MA Annur Kalibaru. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya guru dalam menerapkan adalah menggunakan metode teladan, pembelajaran dikelas, dan saat upacara bendera. Sangat penting bagi guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural, karena untuk menjaga dari kesalahpahaman antar perbedaan hususnya pada ragam bahasa. Faktor penghambatnya adalah kurang dukungan orang tua dan masih terbiasa menggunakan bahasa daerah, faktor pendukungnya adalah kematangan dari peserta didik dan dukungan dari pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | HAMIDAH SITI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | sitihamidach012@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2020 04:08 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2020 04:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5805 |
Actions (login required)
View Item |