Ainur Rofiq, Faradis (2019) Gambaran Self-Disclosure Melalui Social Media Pada Siswa Sman Plus Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (316kB) |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (624kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (702kB) |
Abstract
Self disclosure merupakan kesediaan individu untuk mengungkapkan informasi yang bersifat pribadi kepada orang lain. Media sosial menyebabkan banyaknya siswa beralih menggunakan media sosial sebagai media pengungkapan diri. Self disclosure dimedia sosial merupakan tindakan yang sering dilakukan siswa dengan menuliskan perasaan isi hati yang tidak bisa diceritakan secara tatap muka maupun pengalaman yang pernah terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self disclosure melalui media sosial pada siswa SMA Plus Sukowono mengingat pengungkapan diri dimedia sosial begitu marak dilakukan dikalangan remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang self disclosure yang dilakukan oleh siswa dimedia sosial. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMA Negeri Plus Sokowono yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan nonprobability sampling. Metode pengumpula data yang digunakan yaitu skala Self Disclosure dalam bentuk likert. Metode analisa yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa self disclosure melalui media sosial pada siswa SMA Negeri Plus Sukowono berada pada kategori tinggi dengan nilai persentase sebesar 52,6% (51 siswa). Skor self disclosure ini dapat diartikan bahwa siswa mampu membagikan informasi yang bersifat pribadi kepada orang lain dimedia sosial yang dilakukan secara sukarela dan disengaja. Pengungkapan diri yang dilakukan siswa dimedia sosial berkaitan dengan perasaan sedih atau marah dan juga peristiwa yang pernah dialami baik disekolah maupun diluar sekolah. Self disclosure yang terjadi dimedia sosial pada siswa berkaitan dengan aspek-aspek yang memiliki tingkat kategori tertinggi pada tingkat keintensifan, motivasi, waktu. Kata kunci : Self Disclosure, Media sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 100 Philosophy 100 Philosophy > 150 Psychology 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2020 03:32 | |||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2020 03:32 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6187 |
Actions (login required)
View Item |