Gambaran Self-Disclosure Melalui Social Media Pada Siswa Sman Plus Sukowono

Ainur Rofiq, Faradis (2019) Gambaran Self-Disclosure Melalui Social Media Pada Siswa Sman Plus Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (702kB)

Abstract

Self disclosure merupakan kesediaan individu untuk mengungkapkan informasi yang bersifat pribadi kepada orang lain. Media sosial menyebabkan banyaknya siswa beralih menggunakan media sosial sebagai media pengungkapan diri. Self disclosure dimedia sosial merupakan tindakan yang sering dilakukan siswa dengan menuliskan perasaan isi hati yang tidak bisa diceritakan secara tatap muka maupun pengalaman yang pernah terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self disclosure melalui media sosial pada siswa SMA Plus Sukowono mengingat pengungkapan diri dimedia sosial begitu marak dilakukan dikalangan remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang self disclosure yang dilakukan oleh siswa dimedia sosial. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMA Negeri Plus Sokowono yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan nonprobability sampling. Metode pengumpula data yang digunakan yaitu skala Self Disclosure dalam bentuk likert. Metode analisa yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa self disclosure melalui media sosial pada siswa SMA Negeri Plus Sukowono berada pada kategori tinggi dengan nilai persentase sebesar 52,6% (51 siswa). Skor self disclosure ini dapat diartikan bahwa siswa mampu membagikan informasi yang bersifat pribadi kepada orang lain dimedia sosial yang dilakukan secara sukarela dan disengaja. Pengungkapan diri yang dilakukan siswa dimedia sosial berkaitan dengan perasaan sedih atau marah dan juga peristiwa yang pernah dialami baik disekolah maupun diluar sekolah. Self disclosure yang terjadi dimedia sosial pada siswa berkaitan dengan aspek-aspek yang memiliki tingkat kategori tertinggi pada tingkat keintensifan, motivasi, waktu. Kata kunci : Self Disclosure, Media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy
100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIpak Rahmawati, Ernanidn0007057801
UNSPECIFIEDIstiqomah, Istiqomahnidn0731057501
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:32
Last Modified: 06 Oct 2020 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item