Menciptakan Keunggulan Bersaing Menggunakan Metode RBV (Resources Based View)” Pada Toko Oleh-Oleh Sri Rejeki Genteng Banyuwangi



Levia Putri, Elmera (2019) Menciptakan Keunggulan Bersaing Menggunakan Metode RBV (Resources Based View)” Pada Toko Oleh-Oleh Sri Rejeki Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL ELMERA.pdf] Text
JURNAL ELMERA.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.docx.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 1510411078.pdf] Text
1510411078.pdf

Download (381kB)

Abstract

Teori RBV memandang perusahaan sebagai kumpulan sumber daya dan
kemampuan. Perbedaan sumber daya dan kemampuan perusahaan dengan
perusahaan pesaing akan memberikan keuntungan kompetitif. Kemampuan
perusahaan dalam mengelola sumber dayanya dengan baik dapat menciptakan
keunggulan kompetitif sehingga dapat menciptakan nilai bagi perusahaan. Sehingga
asumsi dalam teori ini adalah bagaimana perusahaan dapat bersaing dengan
perusahaan lain untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan mengelola
sumber daya yang dimilikinya sesuai dengan kemampuan perusahaan. sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan RBV di toko oleh-oleh Sri
Rejeki Genteng Banyuwangi guna mengetahui keunggulan bersaing..
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif.
Empat indikator dari sumber daya perusahaan yang menghasilkan keunggulan
bersaing. Indikator-indikator tersebut yaitu nilai, rareness, imitability dan
substituability. Model ini kemudian diperbaharui dan dikenal dengan model VRIO
yaitu : Value, Rarity, Imitability dan Organization.
Kata Kunci : RBV (Resources Based View), VRIO, Keunggulan Bersaing

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Wijayantini, Bayu
nidn0717027904
UNSPECIFIED
Hermawan, Haris
nidn0710106801

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2020 01:39
Last Modified: 17 Feb 2025 07:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item