Fungsi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Dalam Menyelenggarakan Tata Kelola Arsip (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember)

Trustha Pasha, Rini (2019) Fungsi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Dalam Menyelenggarakan Tata Kelola Arsip (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (354kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang bagaimana tata kelola arsip daerah dan hambatan hambatan yang muncul dalam pengelolaan arsip di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Kabupaten Jember. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis data model interaktif yang meliputi, Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember merupakan instansi yang menjadi tulang punggung kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember dituntut untuk mengelola arsip dengan baik sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Untuk mencapai tata kelola yang di inginkan maka pengelolaan arsip di Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember harus di dukung dengan fasilitas pengelolaan arsip yang memadai seperti tempat penyimpanan arsip, lemari arsip, rak arsip, boks arsip dan lain sebagainya. Pengelolaan arsip yang baik dan benar akan sangat menunjang kelancaran kegiatan suatu organisasi atau instansi pemerintahan maupun swasta. Oleh karena itu pengelolaan arsip yang baik dapat terlaksana jika yang menangani kearsipan adalah orang yang mengerti dan paham tentang arsip serta memiliki pengetahuan tentang pengelolaan arsip yang baik dan benar dengan sarana dan prasarana yang menudukung, atau disebut juga dengan arsiparis. Dalam pelaksanaan pengelolaan arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jember di mulai dari penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, hingga penyusutan arsip ( dalam PP Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan). Kata kunci: Fungsi Dinas, Tata Kelola, Arsip Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Department: S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSiswanto, Edhinidn0718036902
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:37
Last Modified: 20 Oct 2020 05:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6698

Actions (login required)

View Item View Item