ANALISIS PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK 3 PANCASILA AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rozi, M Fathur (2019) ANALISIS PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK 3 PANCASILA AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

Rozi, M Fathur. 2019. Analisis Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMK 3 Pancasila Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unoversitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing; (1) Dina Merdeka Citraningrum, M. Pd. (2) Agus Milu Susetyo, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci; Pendidikan, Pembelajaran, Penilaian, Evaluasi pembelajaran adalah kegiatan untuk mencari kelemahan dan cara mengatasi kelemahan tersebut yang terdapat didalam siswa, melakukan evaluasi adalah kegiatan yang membantu guru untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam dunia pendidikan. Dengan kegiatan ini guru mampu menemukan kelebihan dan kekurangan di dalam pembelajaran, sehingga guru juga dapat menemukan solusi atau metode lain yang bisa menjadikan tolok ukur bagi pendidik dan peserta didik. Langkah-langkah untuk membuat instrumen evaluasi pembelajaran, yaitu: (1) Guru memilih materi; (2) Guru membuat kartu soal; (3) Guru membuat butir soal. Langkah-langkah ini yang harus dipersiapkan guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran di kelas. Setelah melakukan langkah-langkah pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran, maka langkah selanjutnya adalah guru harus menguji kualitas butir soal yang sudah dibuat dengan cara uji validitas dan uji reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kaena data yang diproleh berupa kata-kata kemudian di interpretasikan atau dideskripsikan dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sasaran penelitian ini adalah alat atau instrumen evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa indonesia kelas X di SMK 3 Pancasila, pada tanggal 16 april 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data pada penilitian ini adalah cara guru mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia, langkah-langkah guru untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran ini yang pertaman harus memilih materi yang berada diperangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru tersebut, seperti RPP atau SILABUS, setelah itu guru membuat kartu soal, dan yang terakhir membuat butir soal. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran maka langkah-langkah yang harus dipersiapkan yaitu;(1) memilih materi, (2) membuat kartu soal (3) membuat butir soal. Setelah langkah-langkah itu sudah dibuat guru juga harus menguji kualitas butir soal dengan uji validitas dan reliabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:10
Last Modified: 26 Oct 2020 04:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item View Item