Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Gender Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 10 Jember

Puspitasari, Desi (2019) Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Gender Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 10 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (416kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (545kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara dari guru mata pelajaran Matematika SMP Negeri 10 Jember yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Penyebabnya ialah siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran Matematika serta penyampaian materi dengan menggunakan metode konvensional yang biasanya metode tersebut monoton, kurang menarik, dan kurang bervariasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII? Terdapat tujuan penelitian yang ditulis oleh peneliti, yaitu Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Untuk mengetahui yang lebih baik kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 6 Mei sampai 22 Juni 2019 di kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data diantaranya, yaitu wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t (uji dua pihak) diperoleh nilai hasil sebesar 2,114 dan nilai sebesar 2,063 sehingga jelas bahwa t terletak pada penerimaan Ha dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kemudian dari pengujian uji t (uji satu pihak) diperoleh nilai hasil sebesar 2,219 dan nilai sebesar 2,063 sehingga jelas bahwa t terletak pada penerimaan Ha dan Ho ditolak yang artinya kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat dijadikan pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender, Think Talk Write (TTW), Peluang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:21
Last Modified: 02 Nov 2020 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item