KELENGKAPAN TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rahayu, Siti (2019) KELENGKAPAN TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (362kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (298kB)

Abstract

Rahayu, Siti. 2019. Kelengkapan Teks Prosedur Karya Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Yerry Mijianti, S.S., M.Pd. (2) Agus Milu Susetyo S.Pd., MP.d. Kata Kunci : Kelengkapan, Teks Prosedur Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Menulis teks prosedur merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013 untuk jenjang SMP kelas VII. Kurikulum 2013 mewajibkan peserta didik untuk dapat menuls teks prosedur sesuai dengan stuktur teks prosedur. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelengkapan teks prosedur yang dilihat dari struktur teks dan penggunaan metode mengajar guru dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yakni tentang a) kelengkapan struktur teks prosedur karya siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019, b) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian dilakukan dilakukan di kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Jember dengan jumlah data sebanyak 22 data. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kelengkapan teks prosedur dari struktur teks dan penggunaan metode mengajar guru. Sumber data penelitian ini teks prosedur karya siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian adalah tabel pengumpulan data, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan. Hasil analisis data teks prosedur karya siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 yang memenuhi empat struktur teks prosedur meliputi judul, alat dan bahan, langkah-langkah, serta penutup merupakan teks prosedur lengkap, serta yang kurang memenuhi dari empat struktur teks prosedur tersebut belum lengkap. Penggunaan metode discovery learning sesuai dengan pembelajaran menulis teks prosedur. Kesimpulan dari hasilpenelitian ini adalah teks prosedur karya siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Jember yang terbilang lengkap sesuai dengan struktur teksnya meliputi judul, alat dan bahan, langkah-langkah, dan penutup. Dan kesimpulan yang kedua yakni penggunaan metode mengajar guru dalam pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan metode Discovery learning sesuai dengan pembelajaran menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:27
Last Modified: 02 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item