Rohmah, Syifaur (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Transformasi Kelas Xi Tkr 4 Smk Pgri 3 Tanggul. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (548kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website, Transfromasi Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang memacu munculnya kata revolusi 4.0 sehingga membawa perubahan besar dalam sejarah kebudayaan manusia salah satunya dibidang pendidikan khususnya pada materi matematika. Matematika di sekolah memegang peranan penting, akan tetapi peseta didik sulit mengerti mata pelajaran itu disekolah. Sementara itu untuk mencapai pendidikan sesusai dengan cita-cita perlu adanya pemanfaatan suatu sumber belajar yaitu media pembelajaran. Siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran Matematika serta penyampaian materi dengan menggunakan metode konvensional karena metode tersebut monoton, kurang menarik, dan kuran bervariasi. Sehingga perlu adanya media belajar yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran matematika berbasis website dan dapat menghasilkan suatu produk media pembelajaran matematika berbasis website. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 8 Mei dan 14 Mei 2019 di kelas XI TKR 4 SMK PGRI 3 Tanggul. Peneliti menggunakan empat teknik pengumpulan data diantaranya, yaitu lembar validasi, wawancara, angket peserta didik, dan soal tes peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket peserta didik dan soal tes. Berdasarkan hasil peserta didik. Berdasakan hasil analisis pertama yaitu data dari angket ahli media mendapat persentase 4 dan ahli materi mendapat persentase 4,25 yang artinya valid untuk digunakan, analis kedua hasil uji coba, persentase siswa tuntas 75% yang menunjukkan bahwa penilaian hasil tes belajar peserta didik baik, dan rata-rata persentase angket respon pengguna peserta didik sebesar 75,6% yang menyatakan media pembelajaran dapat digunakan dengan tanpa revisi. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis website memang valid dan efektif serta layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Simpulan penelitian ini adalah peneliti melakukan mengembangkan suatu media pembelajaran matematika berbasis website dan dapat menghasilkan suatu produk media pembelajaran matematika berbasis website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2020 06:23 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2020 06:23 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6994 |
Actions (login required)
View Item |