Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Anak Kelompok B Melalui Bermain Peran Ra Al - Ghazali Pakem Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019



Sakdiyah, Halimatus (2019) Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Anak Kelompok B Melalui Bermain Peran Ra Al - Ghazali Pakem Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Bermain peran adalah memerankan karakter/tingkah laku dalam pengulangan kejadian yang diulang kembali, kejadian masa depan, kejadian masa kini yang penting, atau situasi yang imajinatif. Anak perlu mempunyai kecerdasan sosial yang baik karena sudah merupakan fitrah manusia membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kecerdasan sosial pada anak. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana cara peningkatan kecerdasan sosial pada anak melalui bermain peran. Kompetensi dasar yang dinilai memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran) untukmelatih kedisiplinan, mengenali dan mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri dengan cara yang tepat.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada 12 anak dengan jumlah anak perempuan 5 dan jumlah anak laki-laki 7 pada RA AL-GHAZALI Pakem. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecerdasan sosial anak melalui bermain peran pada RA AL-GHAZALI Pakem tahun ajaran 2018-2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan sosial anak, hal ini terbukti pada siklus I sebesar 41,6% anak mendapatkan nilai baik, 50% anak mendapat nilai cukup, dan 8,3% anak mendapat nilai kurang, sedangkan siklus II sebesar 83,3% anak mendapat nilai baik, 16,6% anak mendapat nilai cukup, dan 8,3% anak mendapat nilai kurang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan sosial anak pada RA AL-GHAZALI Pakem , tahun ajaran 2018 -2019.
Kata Kunci : Bermain Peran, Kecerdasan Sosial.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Endang Jatmikowati, Tri
nidn0029125901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:08
Last Modified: 24 Nov 2020 02:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item