PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Pokok Bahasan Gerak Pada Hewan dan Tumbuhan Kelas VIII SMP Argopuro 1 Panti Tahun Ajaran 2018/2019)

GHOFRAN, MUHAMMAD (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Pokok Bahasan Gerak Pada Hewan dan Tumbuhan Kelas VIII SMP Argopuro 1 Panti Tahun Ajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (296kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
1. MATRIK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)

Abstract

Ghofran, Muhammad. 2019.Penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa (Pokok bahasan gerak pada hewan dan tumbuhan kelas VIII SMP Argopuro 1 Panti tahun ajaran 2018/2019). Skripsi, Program StudiPendidikanBiologi, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, UniversitasMuhammadiyahJember.Pembimbing: (1) Dr. GatotSugeng P, MS(2) Dra. Sawitri Komarayanti M.Si Kata Kunci: Learning Cycle, hasilbelajar,gerak pada hewan dan tumbuhan Ketrampilan proses sains perlu dikembangkan khususnya dalam mata pelajaran biologi, terkait dengan pembelajaran sains yang lebih banyak menuntut keterampilan dari siswa. Dalam model pembelajaran Learning cycle siswa diberi kesempatan untuk memanfaatkan panca indra mereka dalam berinteraksi dengan lingkungan melalui kegiatan praktikum, memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapat melalui kegiatan diskusi, dan siswa dapat menemukan solusi dalam pemecahan masalah pembelajaran serta diadakan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Menurut observasi yang telah dilakukan di SMP Argopuro 1 Panti, dimana jumlah siswa kelas VIII B sebanyak 30 siswa, rendahnya kemampuan siswa dalam proses pembelajaran didalam kelas sebanyak 3 siswa dari 10%. Berdasarkan pengamatan, juga terlihat bahwa dalam pembelajaran di kelas 40% dari 12 siswa dalam mengemukakan pendapat masih belum berani sehingga pada saat pelajaran berlangsung respon dari siswa dari 9 orang hanya 30% kurang aktif dan di sekolah tersebut belum mengindikasikan diterapkannya model pembelajaran Learning cycle. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Learning cycle pada sub pokok bahasan sistem gerak pada hewan dan tumbuhan SMP Argopuro 1 Panti Penelitian ini dilaksanakan di SMP Argopuro 1 Panti di kelas VIII B yang dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober sampai 29 Oktober 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanpadahasilbelajarkognitifsiklus I ketuntasanklasikalmencapai56,7% danpadasiklus II mencapai 80% mengalamipeningkatansebesar23,3%. Afektif siklus I kriteriamencapai73%, sedangkan siklus II 93%, meningakat sebanyak 20%, danuntukpsikomotorsiklus I 72%, sedangkan siklus II 86% meningkat sebanyak 14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:37
Last Modified: 24 Nov 2020 03:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item